Persediaan Darah di PMI Kota Bandung Kosong

Kepala Bidang Pelayanan Darah PMI Kota Bandung, Wahyu Suryawidjadja mengimbau kepada masyarakat yang memerlukan darah, maka harus membawa donor keluarga akibat minimnya persediaan darah pada saat ini.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 27 Jul 2015 16:33 WIB

Author

Arie Nugraha

Persediaan Darah di PMI Kota Bandung Kosong

Petugas tengah melakukan pelabelan labu darah di ruang pengolahan Unit Transfusi Darah (UTD), di Markas Palang Merah Indonesia, Jalan Aceh, Bandung, Senin (27/7/2015). Foto: Arie Nugraha KBR

KBR, Bandung - Palang Merah Indonesia menyebutkan persediaan labu darah untuk Kota Bandung pada saat ini kosong. Kekosongan itu terjadi sejak satu pekan lebih usai hari raya Lebaran tahun ini. Menurut Kepala Bidang Pelayanan Darah PMI Kota Bandung, Wahyu Suryawidjadja, sebelumnya dicatat sebanyak 134 labu darah yang berhasil diolah oleh otoritas pengelola darah ini telah dikirimkan ke Rumah Sakit Umum Pemerintah Hasan Sadikin Bandung.

"Ini stoknya per tadi pagi, jadi kalau sekarang kemungkinan sudah tidak ada. Kosong berarti. Apalagi sekarang hari Senin, biasanya hari Senin droping labu darah untuk Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS). RSHS biasanya yang diutamakan sama kita, karena itu rumah sakit pemerintah yang paling besar pasiennya," ujarnya di Markas Unit Transfusi Darah, Palang Merah Indonesia, Jalan Aceh, Bandung, Senin (27/7/2015).

Kepala Bidang Pelayanan Darah PMI Kota Bandung, Wahyu Suryawidjadja mengatakan, rincian darah yang berhasil diolah antara lain untuk golongan A sebanyak 49 labu, golongan B 30 labu, golongan O 49 labu serta golongan AB 6 labu.

Wahyu menghimbau kepada masyarakat yang memerlukan darah, maka harus membawa donor keluarga akibat minimnya persediaan darah pada saat ini. Meski sekarang ini, tiga mobil unit donor darah telah dioperasikan, tetapi hal tersebut tidak membantu secara maksimal.

Palang Merah Indonesia menyatakan kosongnya ketersediaan darah di Kota Bandung ini akibat habisnya persediaan darah yang digunakan pada arus mudik dan balik lebaran beberapa waktu lalu. Persediaan darah tersebut dikirimkan ke kawasan jalur mudik dan balik lebaran seperti diantaranya Cianjur, Karawang dan Indramayu. 


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pilkada Serentak Diwarnai Calon Tunggal