BERITA

Pengguna Gas Melon Melonjak Naik, Ganjar Tegur Pertamina

"Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkejut ada laporan lonjakan penggunaan LPG 3 kg lebih tinggi dibandingkan LPG 12 kg jelang lebaran tahun 2015 ini. "

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Antara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Antara

KBR, Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku terkejut dengan laporan soal lonjakan penggunaan LPG 3 kg yang lebih tinggi dibandingkan pengguna LPG 12 kg menjelang lebaran tahun ini. Ganjar khawatir apabila lonjakan tak diatas bisa berakibat pada penyaluran yang tidak tepat sasaran dan kelangkaan produk tersebut di pasaran.

"Saya meminta (Pertamina -red) memantau LPG yang 3kg, karena ini yang menjadi persoalan dan kebutuhan pasti akan meningkat lebih banyak dan memang diakui marketing 12kg itu koq menurun hasilnya. Jadi ini indikasi kemungkinan terjadi migrasi dari 12kg ke 3kg, artinya banyak orang yang memanfaatkan gas LPG 3kg itu, meskipun dia tidak punya hak, karena ini kan subsidi ya, ini beberapa hal penting yang berkaitan menjelang lebaran," ungkapnya di Semarang, Rabu (8/7/2015).

Meningkatnya konsumen LPG 3 kg diduga karena sejak Januari lalu Pertamina menaikan harga elpiji 12 kg dengan tujuan mengurangi kerugian di bisnis LPG. Selama ini Pertamina mengaku menjual LPG 12 kg di bawah harga keekonomian.

Terhitung 2 Januari 2015, Pertamina menaikkan harga elpiji 12 kg dari Rp 114.200 menjadi Rp 134.000 per tabung (harga agen). Kemudian pada April harga elpiji non-subsidi kembali naik menjadi Rp 142.000 per tabung.

Editor: Malika


  • lonjakan penggunaan LPG 3 kg
  • Ganjar Pranowo
  • LPG 12 kg
  • LPG jawa tengah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!