covid-19

Pelindo III Prediksi Pemudik Terus Menurun

Pelindo III Cabang pelabuhan Tanjung Emas Semarang prediksi pemudik di setiap tahunnya mengalami rata-rata penurunan sebelas persen.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 01 Jul 2015 14:59 WIB

Author

Nurul Iman

Suasana pemudik lebaran. Foto: Antara

Suasana pemudik lebaran. Foto: Antara

KBR, Semarang- Pelindo III Cabang pelabuhan Tanjung Emas Semarang memprediksi pemudik di setiap tahunnya mengalami rata-rata penurunan sebelas persen. General Manager PT Pelindo III Tanjung Emas Tri Suhardi menduga salah satu faktor penurunan itu karena pemudik memanfaatkan transportasi lain. Meski begitu, dia berjanji tetap meningkatkan pelayanan semisal menyediakan bus gratis ke sejumlah daerah tujuan. 

"Kami memrediksi jumlah penumpang akan mengalami peningkatan pada H-2 Lebaran 2015," katanya di Semarang, Rabu (01/07/2015).

"Cukup banyak faktor ya, kalau kami lihat dari kunjungan kapal juga ada penurunan dan juga mungkin imbasnya penumpang yang sudah beralih ke moda transportasi lain, mungkin bisa juga melalui pesawat. Sehingga kami perkirakan untuk tahun 2015 tidak sebanyak tahun 2014. Jadi estimasi kami kalau tahun 2015 mulai dari H-15 sampai H+15 itu kurang lebih 90 ribu penumpang," ujarnya.

Berdasarkan data perusahaan, pada tahun 2013 arus penumpang sebesar 109.415 orang, sedangkan pada tahun 2014 jumlah penumpang sebanyak 99.689 orang. Untuk tahun ini, pihaknya memprediksi arus penumpang akan kembali turun menjadi 99.717 orang.

"Meski demikian, kami merasa bertanggung jawab untuk ambil bagian dalam menyukseskan dan memperlancar arus mudik maupun balik pada Lebaran tahun ini," katanya. 

Tri Suhardi menambahkan bus yang disediakan berjumlah enam armada dengan empat rute berbeda. Dua bus untuk rute timur yaitu Demak, Kudus, dan Pati, dan satu bus lainnya untuk rute barat yaitu Kendal, Pekalongan, dan Pemalang. Selanjutnya, untuk satu bus melayani rute selatan yaitu Temanggung dan Wonosobo.

"Untuk dua bus terakhir melayani rute Solo dan Yogyakarta. Setiap harinya keenam armada ini akan diberangkatkan satu kali dari Pelabuhan Tanjung Emas menuju ke rute-rute tersebut, tepatnya selama enam hari mulai dari H-7," jelasnya. 

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Toilet Sehat untuk Semua, Sudahkah Terpenuhi?