BERITA

Malam Takbiran, Lalu Lintas Jalur Selatan Jateng Normal

"Kondisi terminal dan lalu lintas di jalur lintas selatan (JLS) Jawa Tengah pada H-1 dan malam lebaran 2015, di Karangpucung Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah terpantau normal."

Muhamad Ridlo Susanto

Sejumlah penumpang turun dari bus. Terminal Karangpucung, Kabupaten Cilacap terpantau normal pada H-
Sejumlah penumpang turun dari bus. Terminal Karangpucung, Kabupaten Cilacap terpantau normal pada H-1 sore lebaran. Foto: KBR/Muhamad Ridlo

KBR, Cilacap– Kondisi terminal dan lalu lintas di jalur lintas selatan (JLS) Jawa Tengah pada H-1 dan malam lebaran 2015, di Karangpucung Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah terpantau normal.

Salah satu pemudik yang ditemui di Terminal Karangpucung, Romlan mengatakan ia keluar dari terminal Lebak Bulus Jakarta pada pukul 11:00 siang. Bus masuk ke terminal Karangpucung pada pukul 19:00. Hal ini menurut dia sangat normal. Pada hari-hari biasa, perjalanan dari Cilacap sampai ke Lebakbulus memang antara 8 hingga 9 jam.

Sepanjang perjalanan, ia menuturkan kondisi lalu lintas normal tanpa kemacetan. Ia naik bus bantuan angkutan lebaran dengan harga tarif Rp 170 ribu, atau hanya naik Rp 20 ribu dari harga tiket normal Jakarta-Cilacap via JLS yang biasanya Rp 150 ribu.

"Naik dari terminal  Jakarta, Terminal Lebak Bulus. Keluar dari terminal Lebakbulus jam 11 sampai tadi jam 7-an. Di jalan nggak nggak macet, lalu lintas  normal, perjalanan normal.  Kalau Harga tiket Rp 170 ribu, naik bus pariwisata. Biasanya  Rp 150 ribu yang AC, hanya naik Rp 20 ribu," kata Romlan.

Terminal Karangpucung pada H-5 hingga H-2 lalu padat kini tampak normal. Sejumlah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) rute Cilacap-Jakarta dan Cilacap-Bandung hanya  menurunkan sedikit penumpang.

Hal yang sama diakui oleh salah satu pengojek yang ditemui KBR, Sahlan. Menurut dia, Lebaran tahun ini relatif sepi dibanding sebelumnya. Dalam sehari, ia mengaku hanya bisa mendapat dua penumpang. Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya yang bisa mendapat lebih dari lima penumpang per hari.

Pantauan KBR, kondisi lalu lintas di JLS Jawa Tengah ruas Kecamatan Karangpucung juga terpantau normal selayaknya hari biasa. Sesekali rombongan takbir keliling melintas tanpa menimbulkan gangguan berarti pada kendaraan yang melintas.  

  • jalur lintas selatan (JLS)
  • Kondisi terminal cilacap
  • Terminal Karangpucung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!