BERITA

Lonjakan Penumpang Kereta Purwokerto Terjadi Mulai Malam Ini

Lonjakan Penumpang Kereta Purwokerto Terjadi Mulai Malam Ini

KBR, Banyumas – Juru Bicara PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 5 Purwokerto, Surono menyatakan lonjakan penumpang kereta lebaran bakal terjadi mulai Senin malam atau Selasa dinihari, (7/7/2015).

Hal ini kata dia terlihat dari record pembelian tiket tambahan (ekstra tiket) lebaran Idul Fitri 1936 Hijriah yang dirilis hingga dua kali karena tingginya permintaan penumpang. Lonjakan pembelian naik drastis mulai 6 dan 7 Juli 2015. PT KAI Daop 5, kata Surono, juga mulai mengoperasikan kereta tambahan lebaran mulai malam ini.

Surono memperkirakan terjadi peningkatan jumlah penumpang yang naik dan turun di PT KAI wilayah Daop 5 Purwokerto sekitar 15 persen dibanding lebaran 2014 laalu. Pada arus mudik dan balik tahun lalu, ada 108 ribu penumpang yang naik kereta dari wilayah Daop 5 sehingga total ada 216 ribu penumpang yang melakukan perjalanan kereta menjelang dan setelah lebaran.

"Lonjakan penumpang mungkin terjadi pada H-10 lebaran atau 7 Juli 2015. Perbaikan sekarang sudah selesai semua sebab angkutan lebaran. Tanggal 2 Juli kita sudah mulai masuk angkutan lebaran. Kami sudah berkoordinasi dengan semua pihak untuk mempersiapkan angkutan lebaran," kata Surono, Senin (6/7/2015).

Surono menambahkan PT KAI Daop 5 Purwokerto mengoperasikan 26 lokomotif dan 25 kereta pada lebaran kali ini. PT KAI bakal mengoperasikan sembilan KA tambahan lintas selatan yang terdiri atas enam KA jurusan Jakarta dan tiga KA tambahan jurusan Bandung mulai tanggal 10 hingga 26 Juli 2015, H-7 sampai H+8. KA tambahan Lebaran lintas selatan tersebut, kata dia, terdiri atas KA Argo Lawu Lebaran, Gajayana Lebaran, Taksaka Lebaran, Purwojaya Lebaran, Kutojaya Utara Lebaran dan Kutojaya Utara Lebaran public service obiligation (PSO) untuk jurusan Jakarta.

Sedangkan untuk jurusan Bandung terdiri atas KA Lodaya Lebaran, Kutojaya Selatan Lebaran dan Pasundan Lebaran. Khusus KA tambahan Lebaran kelas ekonomi PSO yakni KA Kutojaya Utara Lebaran, KA Kutojaya Selatan Lebaran dan KA Pasundan Lebaran akan dioperasikan mulai 10 – 25 Juli H-7 hingga H+7 lebaran.

Editor: Malika

 

  • PT KAI
  • Daop 5 Purwokerto
  • Kereta Api Indonesia
  • Kereta Lebaran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!