BERITA

Khawatir Abu Raung, Siswa Sekolah di Bondowoso Diberi Masker

Petugas puskesmas membagikan masker kepada siswa sekolah dasar di SDN Sumber Wringin 1, Bondowoso, J

KBR, Bondowoso– Khawatir akan terpapar abu vulkanik yang berasal dari Gunung Raung, petugas kesehatan membagikan masker kepada siswa sekolah yang mulai beraktivitas kembali setelah libur panjang.

Wakil Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) Puskesmas Sumber Wringin, Hari Suryadi mengatakan, pemberian masker ini bertujuan agar anak sekolah terhindar dari berbagai penyakit akibat abu vulkanik. Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada wali murid dan dewan guru, untuk menggunakan masker buatan sendiri, hingga stok masker datang.

“Imbauan kami sampaikan kepada siswa sekolah karena sekarang debu dari erupsi Gunung Raung sudah sangat terasa. Kami juga sarankan pakai sapu tangan yang sudah dibasahi terlebih dahulu jika tidak ada masker,” kata Hari Suryadi kepada KBR, Selasa (28/7/2015).

Kata Hari Suryadi, meski sudah menurun, namun intensitas hujan abu masih bisa dirasakan oleh warga di Kecamatan Sumber Wringin. Meski begitu, hingga saat ini belum ada pasokan masker khusus untuk sejumlah sekolah yang berjarak 12 km dari puncak Raung tersebut.  

“Sementara yang kami bagikan untuk siswa ini stok milik puskesmas. Karena hari pertama sekolah baru kemarin, jadi stok untuk anak sekolah belum datang,” imbuhnya.

Berdasarkan pantauan KBR di SDN Sumber Wringin 1, terlihat abu cukup tebal menyelimuti hampir disemua titik gedung sekolah. Hal ini terjadi karena selama status Gunung Raung siaga, sekolah masih dalam masa liburan, sehingga tidak ada yang membersihkan abu vulkanik.

Sejumlah guru dan wali murid juga mengaku khawatir dengan hujan abu yang masih dirasakan warga. Apalagi anak–anak lebih rentan dan beresiko jika terpapar abu vulkanik dalam jangka waktu yang lama.

Sementara itu aktivitas gunung Raung hari ini tetap fluktuatif. Terpantau hembusan abu vulkanik mencapai 600 meter dari permukaan kaldera dan mengarah ke barat laut. Sementara gempa tremor masih terus mengalami naik turun dengan amplitudo 3 – 35 milimeter dominan 29 milimeter. 

Editor: Dimas Rizky

  • abu vulkanik
  • gunung raung
  • pembagian masker

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!