BERITA

Jumlah TPS Pilkada Serentak Disunat, PPS Resah

"Komisioner KPU Kabupaten Rembang, Maftukin menyatakan semula mengajukan 1.500 TPS, namun tidak disetujui DPRD, dengan alasan penghematan anggaran."

Musyafa

Jumlah TPS Pilkada Serentak Disunat, PPS Resah
Ilustrasi TPS Pilkada. Foto: Antara

KBR, Rembang – Sejumlah panitia pemungutan suara (PPS) di Rembang, Jawa Tengah resah, menyusul pengurangan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pilkada serentak, 9 Desember mendatang.

Risdiyanto, Ketua PPS desa Gegunung Wetan, Rembang menuturkan di kampungnya tinggal ada 2 TPS, padahal saat Pemilu Legislatif lalu mencapai 4 TPS. Ia kesulitan mengatur pembagian pemilih. Kalau terlalu jauh dengan TPS, pasti menimbulkan protes.

“Kalau biasanya 3 TPS itu kan enak, RW nya ada tiga langsung menyesuaikan. RW 1 TPS 1, RW 2 TPS 2 dan seterusnya. Kalau seperti ini, PPS nya harus hafal pemilih, supaya tepat,“ keluhnya kepada KBR, Minggu (5/7/2015).

Anggota KPU Kabupaten Rembang, Maftukin menyatakan semula mengajukan 1.500 TPS, namun tidak disetujui DPRD, dengan alasan penghematan anggaran. Akhirnya disepakati 1.100 TPS.

“Ya memang sangat menurun drastis. Pemilu Legislatif lalu 1.777, Pemilu Presiden 1.600 dan sekarang 1.100 TPS, “ jelasnya.

KPUD sudah meminta panitia pemilihan kecamatan melakukan pemetaan di setiap desa, agar penentuan lokasi TPS tidak berdampak pada turunnya partisipasi pemilih.

Editor: Agus Luqman 

  • Pilkada Serentak
  • KPU Rembang
  • penghematan anggaran
  • TPS

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!