BERITA

Jelang Lebaran, Warga Jombang Ramai-Ramai Gadaikan Emas

"Selain kebutuhan lebaran, peningkatan penyaluran kredit di Pegadaian Jombang juga disebabkan tahun ajaran baru siswa sekolah."

Jelang Lebaran, Warga Jombang Ramai-Ramai Gadaikan Emas
Ramai pengunjung. Pegadaian Jombang di Jalan Gus Dur. Foto: Muji Lestari KBR

KBR, Jombang – Menjelang lebaran, penyaluran kredit di Pegadaian Cabang Jombang, Jawa Timur, meningkat tajam dari bulan sebelumnya. Masyarakat mendatangi  Kantor Pegadaian untuk menggadaikan perhiasan mereka dan sejumlah barang berharga lainya. Selain digunakan  untuk kebutuhan lebaran, alasan lain yang digunakan adalah keamanan harta benda mereka untuk sementara selama ditinggal mudik.

Asisten Manager Pegadaian Jombang, Subono, mengatakan, peningkatan terjadi sejak awal Bulan Juli ini, mencapai 30 persen dari bulan Juni lalu. Kata Subono, rata-rata barang jaminan yang digadaikan masyarakat berupa perhiasan emas yang mencapai 90 persen dibandingkan dengan barang jaminan lainya.

“90 Persen menggadaikan perhiasan emas, sisanya barang non emas misalnya motor, mobil, barang-barang elektronik, peralatan rumah tangga, HP dan sebagainya. Jangka waktu pelunasan kita cukup bervariatif mulai dari satu sampai empat bulan setelah itu bisa diperpanjang. Ini sangat membantu dan meringankan masyarakat,” jelas Subono, Senin (6/7/2015).  

Salah satu nasabah Pegadaian, Kiki, mengaku, memilih menggadaikan perhiasannya di Pegadaian karena lebih mudah dan cepat. Selain itu, suku bunga di Pegadaian juga dianggap lebih rendah jika digadaikan ditempat lain.

“Saya gadaikan emas beratnya 2,6 gram, dapatnya sekitar tujuh ratus ribu sekianlah. Untuk lebaran, hanya untuk tambah-tambah kebutuhan si kecil Insya Allah cukup.” Kata Kiki.

Selain kebutuhan lebaran, peningkatan penyaluran kredit di Pegadaian Jombang juga disebabkan tahun ajaran baru siswa sekolah. Pasalnya, kebutuhan masyarakat meningkat tajam seiring dengan kebutuhan belanja sekolah dan biaya masuk sekolah.

Editor: Malika

 

  • Pegadaian Jombang
  • Gadai Emas
  • Jelang lebaran
  • penyeluran kredit pegadaian

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!