BERITA

Hujan Abu Meluas Hingga ke 12 Kecamatan Di Bondowoso

"BPBD memprediksi angka ini akan terus bertambah, mengingat arah angin yang membawa abu vulkanik raung saat ini mengarah ke Kabupaten Bondowoso. "

Friska Kalia

Hujan Abu Meluas Hingga ke 12 Kecamatan Di Bondowoso
Gunung Raung yang sedang menyemburkan asap di potret dari Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Bondowoso, Jawa Timur, Jumat (17/7/2015). Foto: Friska Kalia

KBR, Bondowoso – Hujan abu yang mengguyur Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, terus meluas. Hingga pagi ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat ada 12 Kecamatan yang terpapar abu vulkanik yang berasal dari letusan Gunung Raung.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bondowoso, Hendri Widotono mengatakan, 12 Kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan Sumber Wringin, Tlogosari, Sukosari, Pujer, Tamanan, Jambesari, Wonosari, Sempol, Tapen, Prajekan,  Klabang dan Kota. BPBD memprediksi angka ini akan terus bertambah, mengingat arah angin yang membawa abu vulkanik Raung saat ini mengarah ke Kabupaten Bondowoso.

“Terakhir ada 12 Kecamatan. Kami terus menghimpun laporan. Sangat memungkinkan seluruh kecamatan tertutup abu karena sebarannya tergantung dari arah angin. Hari ini ketinggian 1.500 meter sampai 2.000 meter dengan arah angin ke utara. Otomatis Bondowoso sangat terkena abu,” kata Hendri Widotono saat dihubungi KBR, Senin (20/7/2015) pagi.

Hendri Widotono menambahkan, saat ini BPBD terus melakukan pemantauan sebaran abu di Bondowoso sembari menunggu kiriman masker dari BPBD Provinsi untuk segera dibagikan kepada masyarakat. Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang, meski intenstas hujan abu di beberapa wilayah mulai meresahkan.

Berdasarkan info yang KBR terima dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) di Songgon Banyuwangi, aktivitas Gunung Raung hari ini terpantau masih terus mengalami peningkatan. Tercatat tremor secara terus menerus masih terjadi dengan amplitudo 5 – 32 dominan 22mm. Sementara ketinggian asap mencapai 1.500 meter dari permukaan kaldera.

Editor : Sasmito Madrim
  • hujan abu
  • abu vulkanik
  • BPBD Bondowoso
  • Gunung Raung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!