BERITA

H-3, Pantura Cirebon Masih Ramai Lancar

" Kepala Bidang lalu Lintas Dishubinkom Kabupaten Cirebon, Nono Haryono mengatakan, memasuki H-3 lebaran kendaraan yang melintas di pantura Cirebon belum menujukkan peningkatan signifikan."

H-3, Pantura Cirebon Masih Ramai Lancar
H-3 Lebaran Lau Lintas Pantura Cirebon Ramai Lancar. Foto: Frans Mokalu KBR

KBR, Cirebon – Memasuki H-3 Idul Fitri 1436 H, arus lalu lintas Pantai Utara (Pantura) Cirebon ramai lancar. Kendaraan pemudik dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur masih didominasi oleh kendaraan roda dua. Menurut pantauan Posko Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinkom) Kabupaten Cirebon di Weru pada H-4 atau Senin (13/7/2015) kemarin, jumlah kendaraan pemudik yang menggunakan roda dua sebanyak 42.986 dan kendaraan roda empat sebanyak 17.946.

Sementara, di waktu yang sama data pada Posko Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Kota Cirebon di Jl. Brigjed Dharsono (By Pass) menunjukkan, jumlah kendaraan roda dua yang melintas sebanyak 81.469 dan kendaraan roda empat sebanyak 9.487. Kepala Bidang lalu Lintas Dishubinkom Kabupaten Cirebon, Nono Haryono mengatakan, memasuki H-3 lebaran kendaraan yang melintas di pantura Cirebon belum menujukkan peningkatan signifikan.

“Dari pagi sampai siang ini masih ramai lancar, paling banyak kendaraan roda dua,” tututrnya, Selasa (14/7/2015).

Nono melanjutkan, titik rawan kemacetan di sejumlah pasar tumpah seperti di Pasar Pasalaran dan Pasar Gebang terpantau padat namun tidak menyebabkan kemacetan yang berarti.

“Penumpukan kendaraan paling ada di pasar-pasar tumpah, tapi masih bisa dikendalikan oleh petugas,” katanya.

Nono menambahkan keberadaan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) berpengaruh besar terhadap kelancaran arus mudik di pantura. Menurutnya, sebelum tol ini beroperasi jumlah kendaaraan pada H-4  di pantura Cirebon tahun kemarin jauh lebih tinggi.

“Sebelum Tol Cipali jadi jumlah kendaraan pada H-4 Lebaran tahun 2014 kurang lebih 80 ribuan kendaraan, sekarang setelah tol itu dibuka diwaktu yang sama hanya 60.932 kendaraan,”katanya.

Nono memperkirakan peningkatan jumlah kendaraan akan terjadi sore hingga malam nanti hingga esok hari memasuki H-2, karena sebagian besar perusahaan di Jakarta meliburkan karyawannya.

Editor: Malika

  • arus mudik
  • jalur mudik
  • pantauan mudik
  • laporan mudik
  • Posko Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Kota Cirebon

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!