BERITA

Gunung Raung 'Meraung', BPBD Bondowoso Bersiap Ungsikan Warga

Gunung Raung 'Meraung', BPBD Bondowoso Bersiap Ungsikan Warga
Petugas BPBD sedang memasang rambu penunjuk arah jalur evakuasi. (5/7/2015). Foto: Friska Kalia KBR

KBR, Bondowoso – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Jawa Timur mulai memasang rambu jalur evakuasi di beberapa titik rawan dampak erupsi Gunung Raung.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Hendri Widotono mengatakan, pemasangan rambu ini bertujuan untuk memudahkan warga manakala perlu dilakukan evakuasi. Sebanyak 400 rambu jalur evakuasi dipasang di persimpangan dan tikungan jalan.

“Kita pasang rambu ini untuk memudahkan para pengungsi untuk menuju lokasi yang disediakan. Kita pasang disemua daerah rawan. Jumlahnya ada sekitar 400 buah,” kata Hendri Widotono kepada KBR (5/7/2015).

Hendri menambahkan, pemasangan rambu jalur evakuasi ini akan di prioritaskan di Kawasan Rawan Bencana (KRB) terdekat dengan puncak raung seperti Dusun Legan, Sipanas dan Tol-tol. Selain itu, BPBD juga telah membentuk relawan bencana yang merupakan warga sekitar.

Hendri mengatakan relawan bencana akan memudahkan tugas BPBD manakala evakuasi harus segera dilakukan. Selain siap mengevakuasi warga, BPBD bersama TNI dan Polisi juga siap mengamankan dan mengevakuasi harta benda serta ternak milik masyarakat.

Berdasarkan data dari Animals Indonesia, ada sekitar 100 ribu hewan ternak yang terdiri dari Sapi, Kambing, Ayam dan Bebek yang berada di dua kecamatan terdampak Gunung Raung di Bondowoso. 

Editor: Agus Luqman

  • erupsi gunung
  • Gunung Raung
  • BPBD Bondowoso
  • Evakuasi erupsi Gunung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!