BERITA

Ekonomi Lesu, PHK Di Kaltim Tinggi

"Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kalimantan Timur, Slamet Brotosiswoyo bersurat kepada Presiden Jokowi terkait lesunya ekonomi Indonesia"

Teddy Rumengan

Ekonomi Lesu, PHK Di Kaltim Tinggi
Ilustrasi-PHK/ANTARAFOTO.

KBR, Balikpapan – Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kalimantan Timur, Slamet Brotosiswoyo bersurat kepada Presiden Jokowi terkait lesunya ekonomi Indonesia. Menurut Slamet, akibat lesunya ekonomi Indonesia ditambah turunnya harga batubara dan minyak dunia berimbas pada pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan perusahaan. Kata dia, PHK di wilayahnya sudah mencapai ribuan kasus saat ini.

“Sekarang saja sudah berat, sudah lesu ekonomi, dibebani-bebani lagi. Sekarang di tambang batuibara banyak terjadi PHK, migas banyak juga PHK, apa dan siapa yang bisa bertanggungjawab dengan kondisi sekarang. Perusahaan sekarang berat bagaimana membayarkan uang pesangon, lagi pusing-pusing,” kata Slamet Brotosiswoy, Jumat (10/7).


Slamet Brotosiswoyo juga meminta pemerintah agar tidak memberatkan pengusaha dengan situasi lemahnya ekonomi Indonesia. Dia tidak ingin banyak perusahaan yang gulung tikar akibat kebijakan pemerintah.

Saat ini, kata dia,  beban yang harus dtanggung pengusaha ataupun perusahaan nilainya mencapai 11,7 persen untuk tanggungan jaminan sosial. Diantaranya jaminan hari tua (JHT) jaminan kecelakaan, jaminan kesehatan dan lainnya.
 

Editor : Sasmito Madrim

  • apindo
  • phk karyawan
  • Presiden Jokowi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!