Dukung Ketahanan Pangan, NTB Dapat Kucuran Rp 1 T

Anggaran ini akan meningka dari tahun ke tahun. Tujuannya agar tak ada lagi impor beras

NUSANTARA

Jumat, 31 Jul 2015 17:53 WIB

Author

Zaenudin Syafari

Dukung Ketahanan Pangan, NTB Dapat Kucuran Rp 1 T

Menteri Pertanian saat kunjungan panen raya di Trenggalek, Jawa Timur (Foto: KBR)

KBR, Mataram- Pemerintah memberikan anggaran sebesar Rp 1 triliun kepada Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mendukung ketahanan pangan secara nasional. Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan, jumlah tersebut meningkat 146 persen dari anggaran tahun lalu sebesar Rp 400 miliar.

Pemerintah menargetkan anggaran ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pasalnya, pemerintah ingin menutup aktifitas keran impor beras yang selama ini dilakukan untuk mencukupi kebutuhan pangan nasional.  

“InsyaAllah anggaran tahun ini akan naik, tahun depan akan naik lagi. Tahun ini, anggaran untuk NTB jika dibandingkan dengan tahun lalu hanya Rp 400 miliar , tahun ini Rp 1 triliun, 146 persen naik. Itulah bentuk perhatian pemerintah terhadap sektor pangan, kita tidak bisa tawar lagi karena kami selalu tahan impor beras”, katanya.

Amran menambahkan pemerintah juga melakukan berbagai langkah untuk menjaga ketahanan pangan agar tidak perlu lagi mengimpor beras. Salah satunya yaitu penyediaan pompa air sebanyak 20 ribu unit untuk seluruh Indonesia. Selain itu, pemerintah juga akan membangun embung untuk mengairi sawah-sawah petani.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11