BERITA

Bondowoso Diselimuti Abu Vulkanik Gunung Raung

"Beberapa Kecamatan yang dilaporkan terkena hujan abu cukup pekat diantaranya Sumber Wringin, Tlogosari, Pujer, Grujukan dan Tamanan. "

Friska Kalia

Bondowoso Diselimuti Abu Vulkanik Gunung Raung
Abu vulkanik gunung raung yang terlihat di rumah warga. Foto: Friska Kalia KBR

KBR, Bondowoso – Abu vulkanik yang berasal dari letusan Gunung Raung akhirnya menyelimuti Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, setelah sebelumnya abu selalu mengarah ke Kabupaten Banyuwangi dan Jember.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Bencana Letusan Gunung Raung, Sudrajat mengatakan, sejak semalam paparan abu sudah mulai dirasakan warga di hampir semua wilayah Bondowoso, utamanya di beberapa kecamatan yang terdekat dengan setinggi 3.332 mdpl tersebut. Beberapa kecamatan yang dilaporkan terkena hujan abu cukup pekat diantaranya Sumber Wringin, Tlogosari, Pujer, Grujukan dan Tamanan.

“Sudah menyebar ke semua wilayah. Yang penting masyarakat jangan panik dan beraktifitas seperti biasa. Penanganan akan kita fokuskan ke wilayah terdekat seperti Sumber Wringin yang jaraknya sekitar 10 km dari puncak raung,” kata Sudrajat saat dihubungi KBR, Minggu (19/7/2015).

Sudrajat menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) untuk segera membagikan masker kepada warga. Sejauh ini guyuran abu vulkanik memang belum mengganggu aktivitas warga. Namun beberapa warga yang ditemui KBR mengaku mulai merasakan perih pada mata dan tenggorokan kering akibat terkena abu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Bondowoso, Hendri Widotono yang dihubungi terpisah juga membenarkan jika hujan abu mulai terjadi di Bondowoso. Berdasarkan laporan yang diterima dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) di Songgon, Banyuwangi, tercatat hingga hari ini Gunung Raung masih terus menyemburkan abu vulkanik setinggi 1.000 meter dari permukaan kaldera.

Hendri mengatakan, BPBD juga sudah menyiapkan ribuan masker untuk dibagikan secara gratis kepada warga yang melintas di sejumlah ruas jalan.

“Sudah kami sebar masker dipinggir – pinggir jalan. Masyarakat yang belum pakai bisa langsung minta ke petugas yang ada dilapangan. Baik PMI, Banser, Polisi, TNI dan semuanya sudah siaga,” papar Hendri.

Editor: Citra Dyah Prastuti

  • Abu Vulkanik
  • Hujan abu Gunung Raung
  • Gunung Raung
  • Erupsi Gunung Raung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!