Asap Gunung Raung Makin Tebal, Bandara Banyuwangi masih Ditutup.

Bandara Blimbingsari Banyuwangi Jawa Timur, hari ini kembali ditutup mulai pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB siang tadi.

BERITA | NUSANTARA

Sabtu, 11 Jul 2015 14:15 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Asap Gunung Raung Makin Tebal, Bandara Banyuwangi masih Ditutup.

Gunung Raung. (Foto: Antara)

KBR, Banyuwangi- Bandara Blimbingsari Banyuwangi Jawa Timur, hari ini kembali ditutup mulai pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB siang tadi. Kepala Bandara Blimbingsari Banyuwangi Sigit Widodo mengatakan, dari hasil cek lapangan sejak semalam hingga pagi tadi, masih ditemukan material abu vulkanik pada landasan pacu. Bahkan kata Sigit, matrial abu vulkanik lebih tebal dibandingkan hari Jumat kemarin (11/7/2015). Untuk itu alasan demi keselamatan penerbangan Bandara Blimbingsari Banyuwangi masih ditutup.

Kata Sigit, hari ini di Bandara Blimbingsari ada tiga kali penerbangan komersial. Yaitu Garuda Indonesia melayani rute Surabaya-Banyuwangi PP dan Denpasar-Banyuwangi PP. Sedangkan Wings Air melayani rute penerbangan Surabaya-Banyuwangi PP. Kedua maskapai penerbangan itu telah membatalkan  seluruh penerbanganya hari ini.

“Kami sudah merilis jam 22.00 wib, setelah kita cek kondisi lapangan ternyata ketebalan debu bertamabah sudah masuk material pasir halus. Kemudian berdasarkan data BMKG, data Air Navigasi Indonesia,dan data Direktorat Navigasi Penerbangan maka keselamatan bandara harus kita rilis untuk status plus,”kata Sigit Widodo (11/7/2015).

Kepala Bandara Blimbingsari Banyuwangi Sigit Widodo menambahkan, selain penerbangan komersial, sejak hari Jumat kemarin, tiga sekolah pilot yaitu Bali International Flight Academy (BIFA), Mandiri Utama Flight Academy (MUFA), serta Loka Pendidikan dan Penerbang Banyuwangi (LP2B) telah menghentikan aktivitas berlatihnya.

Status Gunung Raung di perbatasan Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi, Jawa Timur, meningkat dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III). Gunung Raung dinaikkan menjadi Siaga mulai tanggal 29 Juni 2015 pukul 9.00 WIB karena aktivitas kegempaannya mengalami peningkatan. Dengan meningkatnya status Gunung Raung Ini PVMBG merekomendasikan tidak ada aktifitas manusia di radius 3 kilometer dari puncak gunung. (Hermawan) 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Arab Saudi Akan Gratiskan Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Polemik TNI 'cawe-cawe' Copoti Baliho Rizieq Shihab

Kabar Baru Jam 8

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Bagi Penolak Tes Covid-19 di Petamburan