Abu Mengarah ke Kawah Ijen, Wisatawan Diminta Pakai Masker

Kepala BKSDA Jatim III, Sunandar Trigunajasa mengatakan, imbauan ini keluarkan mengingat abu vulkanik dari Gunung Raung mulai mengarah ke kawasan Paltuding di Kawah Ijen.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 15 Jul 2015 15:17 WIB

Author

Friska Kalia

Abu Mengarah ke Kawah Ijen, Wisatawan Diminta Pakai Masker

Kawah Ijen. Foto: Friska Kalia KBR

KBR, Bondowoso –Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur III di Kabupaten Jember mengeluarkan imbauan agar wisatawan yang mengunjungi Kawasan Wisata Kawah Ijen, Bondowoso, Jawa Timur menggunakan masker. Hal itu karena aktivitas Gunung Raung yang masih terus mengeluarkan material vulkanik.

"Terkait angin dari Gunung Raung yang mengarah ke Kawah Ijen tadi malam kita keluarkan imbauan agar wisatawan pakai masker. Karena Ijen dan Raung ini kan bertetangga jadi abunya sudah ke Paltuding. Kalau Ijen sendiri statusnya masih normal,” kata Sunandar saat dikonfirmasi KBR, Rabu (15/7/2015).

Sunandar menambahkan, selain membagikan masker kepada wisatawan yang datang, BKSDA juga sudah memasang poster peringatan di pintu masuk pendakian Kawah Ijen. Meski begitu, intensitas hujan abu di kawasan ini masih masuk katagori ringan dan belum terlalu menganggu aktivitas pendakian dan penambangan.

Terkait prediksi terjadinya lonjakan wisatawa pada musim libur lebaran kali ini BKSDA sudah menyiapkan relawan yang bertugas menjaga keamanan wisatawan selama berlibur di Kawah Ijen.

Editor: Malika
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN

Perempuan dan Anak Dalam Pusaran Terorisme