BERITA

13 Ribu Warga Miskin di Jombang Dapat “THR”

"Warga menyambutnya dengan gembira karena dana tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan lebaran yang tinggal tujuh hari lagi. "

Ratusan warga tengah antre pencairan dana PKH di kantor Pos Kecamatan Peterongan, Jombang. Foto: KBR
Ratusan warga tengah antre pencairan dana PKH di kantor Pos Kecamatan Peterongan, Jombang. Foto: KBR/Muji Lestari

KBR, Jombang - Sebanyak 13 ribu warga miskin di Jombang, Jawa Timur ramai- ramai mendatangi Kantor Pos untuk mencairkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ke dua, hari ini, Kamis (9/7/2015). Warga menyambutnya dengan gembira karena dana tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan lebaran yang tinggal tujuh hari lagi.  

Salah satunya terjadi di kantor Pos Kecamatan Peterongan. Ratusan warga yang sebagian besar didominasi oleh ibu rumah tangga itu rela berdesak-desakan untuk mencairkan bantuan yang keluar setiap satu tahun dengan empat kali pengambilan itu.

Salah satu penerima PKH, Siti, mengatakan, cairnya dana PKH cukup membantu warga miskin seperti dirinya. Apalagi, ditengah mahalnya harga kebutuhan pokok menjelang lebaran. Apalagi katanya akan sudah masuk tahun ajaran baru sekolah.

“Ya senang sih, balitanya juga untuk sekolahnya, sudah minta sekolah. Ini juga untuk lebaran.” Kata Siti.

Di Kabupaten Jombang tercatat sekitar 13 ribu Rumah Tangga Sasaran (RTS)  penerima bantuan PKH.  Setiap warga miskin menerima bantuan antara Rp. 450 ribu hingga Rp. 1 juta, tergantung tingkat sekolah dalam masing-masing keluarga. Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko mengatakan, total anggaran PKH di Jombang mencapai Rp. 9 Milyar lebih.  

“Terbagi beberapa Kantor Pos, hampir disemua Kecamatan yang kita laksanakan selama tiga hari, hari pertama ini di Peterongan, Diwek dan Kecamatan Mojoagung. Penerima ini kalau memang sudah sehat otomatis diperuntukkan untuk kebutuhan lebaran boleh.” Tegas Nyono.

Editor: Malika

  • Program Keluarga Harapan
  • dana PKH jombang
  • kantor Pos Kecamatan Peterongan
  • warga miskin jombang dapat dana PKH

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!