NUSANTARA

Tolong... Stok Darah di PMI Banyuwangi Kosong

"KBR, Banyuwangi - Persediaan darah semua golongan di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Banyuwangi Jawa Timur, kosong. Kekosongan ini terjadi sejak awal bulan puasa lalu."

Tolong... Stok Darah di PMI Banyuwangi Kosong
donor darah, PMI, banyuwangi

KBR, Banyuwangi - Persediaan darah semua golongan di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Banyuwangi Jawa Timur, kosong. Kekosongan ini terjadi sejak awal bulan puasa lalu.

Petugas Pelayanan Donor Darah PMI Banyuwangi Tasyana mengatakan selama Ramadan jumlah pendonor menurun drastis. Masyarakat beralasan tidak bisa donor darah karena sedang berpuasa.

Untuk memenuhi kebutuhan permintaan darah selama tiga pekan ini PMI Banyuwangi mencari donor pengganti. Selain itu, mobil unit PMI Banyuwangi juga beroperasi untuk mencari stok darah di beberapa pusat keramaian dan rumah ibadah.

"Kan bulan puasa jadi pendonor pun kurang, anak sekolah banyak libur. Mungkin bulan puasa ya jadi ada yang beberapa orang memang tidak kuat. Kan memang lagi fisiknya lagi tidak mungkikan buat donor," kata Tasyana di Banyuwangi (21/7).

Kebutuhan darah di Banyuwangi per harinya mencapai 50 kantong darah. Kata dia, paling banyak kebutuhan darah yaitu golongan darah O.

Diperkirakan kebutuhan darah dalam dua pekan ke depan akan terus meningkat. Untuk itu PMI Banyuwangi terus berupaya melakukan donor darah baik di pusat keramain, tempat ibadah maupun di sekolah- sekolah yang ada di Banyuwangi.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • donor darah
  • PMI
  • banyuwangi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!