NUSANTARA

Tak Becus Urus Pengungsi Sinabung, Bupati Karo Dipecat

"Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi memecat Kena Ukur Surbakti sebagai Bupati Karo, Sumatera Utara."

Tak Becus Urus Pengungsi Sinabung, Bupati Karo Dipecat
gunung sinabung, pengungsi, bupati, pecat

KBR, Jakarta- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi memecat Kena Ukur Surbakti sebagai Bupati Karo, Sumatera Utara. Politikus Partai Demokrat itu dianggap tidak becus mengurus puluhan ribu pengungsi letusan gunung Sinabung.


Juru bicara kabupaten Karo, Kenan Ginting mengatakan, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho langsung melantik Wakil Bupati Terkelin Brahmana sebagai pelaksana tugas bupati.

"Prosesnya kan begitu pak, jadi dalam waktu tidak terlalu lama DPR D kita akan melakukan paripurna untuk mengusulkan beliau sebagai bupati. Artinya, setelah paripurna bersepakat diusulkan ke gubernur tembusannya ke Mendagri," kata Juru Bicara Kabupaten Karo Kenan Ginting pada KBR, Jumat (11/07).

Sebelumnya, DPRD kabupaten Karo sepakat memakzulkan Kena Ukur Surbakti. DPR menganggap ia tidak becus mengurus puluhan ribu pengungsi Gunung Sinabung. Pengungsi berbulan-bulan mesti meninggalkan kampung halaman akibat letusan berkepanjangan itu. Usulan DPRD Karo itu disetujui oleh Mahkamah Agung dan mengeluarkan keputusan pemakzulan itu.


Editor: Dimas Rizky

  • gunung sinabung
  • pengungsi
  • bupati
  • pecat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!