Sepekan Meletus, Sinabung Masih Siaga

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Sinabung masih siaga, setelah sepekan meletus.

NUSANTARA

Sabtu, 05 Jul 2014 18:49 WIB

Author

Dirgantara Reksa

Sepekan Meletus, Sinabung Masih Siaga

Sinabung, Gunung, Meletus, Karo

KBR, Jakarta- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Sinabung masih siaga, setelah sepekan meletus.


Kepala Bidang Mitigasi Bencana PVMBG I Gede Suantika mengatakan pihaknya telah merekomendasi masyarakat sekitar Gunung Sinabung untuk meniadakan aktivitas.

“Lava pijar dan awan panas mengepul dari Gunung Sinabung. Letusan beberapa hari lalu mengancam sejauh radius 5 KM ke arang tenggara dan selatan, serta 3 KM ke arah timur dan barat. Kami merekomendasikan masyarakat untuk menghetikan aktivitas,” kata Gede.

Erupsi Sinabung pada Minggu malam menyebabkan kerusakan pada lahan pertanian warga. Desa Sukandebi, Naman, Sukanalu hingga Sigarang-Garang, Kecamatan Naman Teran merupakan yang terparah dihujani material debu vulkanik.

“Hingga kini, belum ada tanda-tanda penurunan aktivitas, masih dalam status Siaga”, ujar Gede.

Setelah lama reda, Gunung Sinabung kembali meletus. Minggu (29/6) sepekan lalu gunung berapi aktif yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, itu erupsi dengan letusan debu mencapai ketinggian 4 ribu meter. 


Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pemerintah Sebut Sertifikasi Layak Nikah Tak Wajib

Super You by Sequis Online, Asuransi Online untuk Milenial