NUSANTARA

2014-07-29T11:12:53.000Z

Musim Libur Lebaran, BPBD Pantau Wisatawan di Gunung Ijen

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Jawa Timur, mendirikan posko pantau di kawasan wisata kawah Gunung Ijen. Posko BPBD itu ditempatkan di pintu masuk menuju puncak gunung yaitu di kawasan Paltuding yang berjarak tiga kilometer ari punca"

Musim Libur Lebaran, BPBD Pantau Wisatawan di Gunung Ijen
Musim Libur Lebaran, BPBD, Gunung Ijen

KBR, Banyuwangi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Jawa Timur, mendirikan posko pantau di kawasan wisata kawah Gunung Ijen. Posko BPBD itu ditempatkan di pintu masuk menuju puncak gunung yaitu di kawasan Paltuding yang berjarak tiga kilometer ari puncak gunung.

Menurut Kepala BPBD Banyuwangi, Kusiadi, pendirian posko itu bertujuan untuk memperingatkan kepada para wisatawan untuk tidak mendekati kawah gunung. Sebab hingga saat ini status gunung yang mempunyai danau kawah terbesar se-Asia itu masih waspada level II. Sehingga rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), satu kilometer dari puncak gunung harus steril dari segala aktifitas manusia.

“Kita dirikan posko di sana, tenda di sana dengan peralatan-peralatannya juga ada petugas kesehatan dari Puskesmas jajaran Kecamatan Licin. Diantaranya untuk memantau situasi dan karena statusnya Ijen itu masih waspada maka BPBD juga ikut bergabung sebab sekecil apapun ancaman itu ada,” kata Kusiadi kepada Portalkbr, Selasa (29/7).

Kusiadi memperkirakan, pada musim libur lebaran ini jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gunung Ijen meningkat dibandingkan hari-hari biasa. Untuk itu keberadaan posko pantau ini menjadi penting untuk mengingatkan para wisatawan agar tetap waspada saat berlibur di kawasan Gunung Ijen.

Menurut Kusiadi, selain di Gunung Ijen, posko pantau BPBD Banyuwangi juga ditempatkan di sejumlah tempat wisata yang menjadi favorit masyarakat untuk berlibur Lebaran ini. Posko itu ditempatkan antara lain, di wisata Pantai Watu Dodol di Kecamatan Kalipuro, Wisata Pantai Pulau Merah di Kecamatan Pesanggaran dan wisata pantai Gerajagan yang berada di Kecamatan Purwoharjo.

Sementara itu khusus di Pelabuhan ASDP Ketapang sendiri posko pantau BPBD Banyuwangi telah bersiaga sejak H-7 Lebaran kemarin hingga H+7 Lebaran nanti. Posko bertugas memantau arus mudik dan balik Lebaran.

Editor: Anto Sidharta

  • Musim Libur Lebaran
  • BPBD
  • Gunung Ijen

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!