Meletus Lagi, PVMBG Minta Warga Sekitar Sinabung Waspada

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta warga sekitar Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara waspada terjadinya letusan susulan.

NUSANTARA

Selasa, 01 Jul 2014 12:23 WIB

Author

Khusnul Khotimah

Meletus Lagi, PVMBG Minta Warga Sekitar Sinabung Waspada

Sinabung, gunung berapi, Karo, Gunung Meletus

KBR, Jakarta - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta warga sekitar Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara waspada terjadinya letusan susulan. Pejabat PVMBG I Gede Suantika mengatakan aktivitas gunung api Sinabung kembali meningkat dan berada di level Siaga. Dia meminta warga tidak melakukan kegiatan dalam radius 5 kilometer.

Untuk area Selatan dan Tenggara, warga diminta menjauhi area tersebut karena menjadi jalur hembusan awan panas.(Baca: Ribuan Pengungsi Sinabung Bakal Dipaksa Pindah)

"Kalau untuk abu, kita sarankan kepada penduduk di luar radius 5 kilometer untuk selalu menyediakan masker. Rekomendasi kita itu tetap penduduk desa-desa yang diungsikan itu sebagaimana yang ada di BPBD, itu tetap berlaku, " kata Kepala Bidang Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Gerakan Tanah (PVMBG) I Gede Suantika.

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali meletus dengan mengeluarkan abu setinggi 4 ribu meter pada Minggu kemarin. Letusan mengarah ke pemukiman di sebelah tenggara puncak Gunung Sinabung, sejauh 4,5 kilometer. Status Gunung Sinabung saat ini masih dalam siaga (level III).

Editor: Sutami


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 13

Posko Tuk Tampung Aduan Soal Perda Zonasi Pesisir

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10