Jombang Siapkan Rp 100 Juta untuk Berdayakan Perempuan Eks Dolly

Diambil dari perubahan APBD setempat.

NUSANTARA

Minggu, 20 Jul 2014 21:12 WIB

Author

Muji Lestari

Jombang Siapkan Rp 100 Juta untuk Berdayakan Perempuan Eks Dolly

Dolly, lokalisasi, Jombang

KBR, Jombang – Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menyiapkan anggaran Rp 100 juta untuk pemberdayaan bekas pekerja seks dari lokalisasi Dolly, Surabaya, Jawa Timur. 


Upaya pemberdayaan ini dikhususkan kepada pekerja seks yang berasal dari Jombang. Mereka akan ditempatkan sebagai pegawai magang di perusahaan dan tempat pelatihan kerja. 


Kepala Dinas Sosial Jombang Heru Widjajanto mengatakan, dana diambilkan dari perubahan APBD setempat tahun 2014. 


“Kami rencananya akan mempekerjakan mereka di perusahaan. Misalnya hari ini di Jombang, ada banyak sekali perusahaan sepatu. Manakala mereka ingin mandiri, kita lakukan pelatihan, seperti menjahit dan keterampilan tangan lainnya,” kata Heru, Minggu (20/7). 


(Baca juga: Pasca Dolly, Pemprov Jatim Targetkan 22 Lokalisasi Prostitusi


“Kalau mereka mau menjahit, kita beri bantuan alat jahitnya sehingga mereka bisa langsung bekerja.”


Anggaran yang disiapkan itu akan dipakai untuk membeli sejumlah alat kerja dan memberikan pelatihan. Menurut Heru, ini lebih efektif ketimbang memberikan uang kompensasi secara tunai. 


Pasca penutupan lokalisasi Dolly di Surabaya pada pertengahan Juni lalu, sebagian besar pekerja seks di sana kembali ke daerah masing-masing. Ada 30 pekerja seks eks Dolly yang kembali ke Jombang. Mereka berasal dari sejumlah kecamatn seperti Jogoroto, Sumobito, Mojoagung dan Mojowarmo. 


Editor: Citra Dyah Prastuti 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Melimpah Limbah Medis

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11