NUSANTARA

Jemaah Naqsabandiah Sudah Lebaran

"Jemaah Naqsabandiah Sumatera Barat sudah merayakan Hari Raya Idul Fitri, Minggu (27/7). Jemaah Naqsabandiah ini tersebar di sejumlah daerah di Sumatera Barat, seperti di Solok dan kabupaten Pesisir Selatan."

Jemaah Naqsabandiah Sudah Lebaran
Jemaah Naqsabandiah, Lebaran

KBR, Padang - Jemaah Naqsabandiah Sumatera Barat sudah merayakan Hari Raya Idul Fitri, Minggu (27/7).  Jemaah Naqsabandiah ini tersebar di sejumlah daerah di Sumatera Barat, seperti di Solok dan kabupaten Pesisir Selatan. 


Di Kota Padang, jemaah Naqsabandiah melakukan sholat Ied di sejumlah musholla seperti di Kecamatan Pauh, Kecamatan Koto tangah, dan Kecamatan Lubuk Begalung. Menurut Alfitman, ulama Naqsabandiah di Musholla Baitul Makmur, tadi malam mereka sudah takbir, dan hari ini Lebaran.


"Kita berpuasa tentu dengan ilmunya. Ilmu yang yakin.kita menentukan dengan dua metode hisab dan rukiah. Ilmu yang kita yakini besok 1 syawal berpedoman dari kitab Munjid, kita perhitungkan bulan, tahun dan hari.Rukiah itu kita mengikuti perputaran bulan dan matahari,” kata Alfitman. 


Jemaah Naqsabandiah setiap tahunnya memang selalu lebih dulu puasa Ramadhan dan merayakan Lebaran. Selama sebulan, mereka juga melakukan tradisi suluak atau beribadah dan tinggal di musholla meninggalkan aktivitas dunia.


Editor: Antonius Eko 


  • Jemaah Naqsabandiah
  • Lebaran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!