Jatah Kepemilikan Saham Pemkab Banyuwangi di Perusahaan Emas Bertambah

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur mendapatkan tambahan saham dari perusahaan tambang emas. Tambahan saham itu diperoleh secara hibah dari PT Merdeka Serasi Jaya senilai Rp12,9 Miliar.

NUSANTARA

Sabtu, 05 Jul 2014 12:22 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Jatah Kepemilikan Saham Pemkab Banyuwangi di Perusahaan Emas Bertambah

saham, emas, pemkab banyuhangi, abdulah azwar anas

KBR, Banyuwangi- Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur mendapatkan tambahan kepemilikan saham dari perusahaan tambang emas. Tambahan saham itu diperoleh secara hibah dari PT Merdeka Serasi Jaya senilai Rp12,9 Miliar. September tahun lalu, PT Merdeka Serasi Jaya juga telah menghibahkan 10 persen sahamnya senilai Rp10 miliar.

Sehingga total hibah saham yang diterima Pemerintah Banyuwangi dari perusahaan tambang emas tersebut mencapai Rp22,9 miliar. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, tambahan saham ini sudah sesuai dengan perjanjian awal yang mengatur PT Merdeka Serasi Jaya memberikan hibah saham 10 persen mengikuti total saham yang ditanamkan perusahaan. Jadi apabila PT Merdeka menambahkan sahamnya secara otomatis Banyuwangi akan mendapat tambahan saham 10 persen.

“Saya ini kan mengawal bagai mana pembagian saham  ini sesui aturan dan sesui dengan janji mereka dan ini kita kawal. Saya ingin value-nya  naik maka saya tidak mau ngambil di depan," katanya.

Sementara itu, penambahan saham senilai Rp12,9 miliar itu telah resmi disetujui DPRD setempat akhir Juni lalu. Keputusan diambil dalam sidang paripurna perubahan kelima Peraturan Daerah tentang Penyertaan Modal. PT Merdeka Serasi Jaya memiliki 100 persen saham PT Bumi Suksesindo. PT Bumi adalah pemegang kuasa eksplorasi pertambangan emas di Gunung Tumpang Pitu Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi.

Sejak 2011 Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memang getol meminta jatah saham kepada calon operator tambang emas di Gunung Tumpang Pitu. Sebelum dikelola Bumi Suksesindo kuasa eksplorasi berada di tangan PT Indo Multi Niaga sejak 2006 hingga 2012. PT Bumi Suksesindo akan meningkatkan tahap operasi dari eksplorasi ke eksploitasi di Gunung Tumpang Pitu pada 2016 mendatang.

Editor:Taufik Wijaya

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tim Teknis Pengungkapan Kasus Novel Dinilai Belum Ungkap Apapun