NUSANTARA

Ini Jalur Transportasi Baru untuk Dongkrak Ekonomi di Sekitar Gunung Ijen

"Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, berencana untuk membuka trayek atau jalur transportasi dari Bondowoso menuju Banyuwangi melalui kawasan wisata Gunung Ijen."

Friska Kalia

Ini Jalur Transportasi Baru untuk Dongkrak Ekonomi di Sekitar Gunung Ijen
Transportasi Baru, Dongkrak Ekonomi, Gunung Ijen

KBR, Bondowoso – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, berencana untuk membuka trayek atau jalur transportasi dari Bondowoso menuju Banyuwangi melalui kawasan wisata Gunung Ijen.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Bondowoso, Sigit Purnomo, selain meningkatkan perekonomian masyarakat, upaya itu akan semakin membuka akses jalur wisata ke Gunung Ijen. Kondisi itu, kata dia, juga akan meningkatkan iklim investasi di Bondowoso.

“Kita punya letak geografis yang bukan jadi daerah lintasan. Bondowoso juga secara letak geografis tidak menguntungkan. Maka dari itu kita harus membuka keterisolasian ini dengan membuka jalur transportasi,” kata Sigit Purnomo saat ditemui KBR, Kamis (17/07).
 
Sigit mengatakan, saat ini pembukaan trayek tersebut telah memasuki tahap rancangan teknis. Ia menargetkan, akhir tahun 2014 program ini bisa direalisasikan.
 
Berdasarkan perencanaan awal, moda transportasi yang akan difungsikan di jalur Bondowoso-Banyuwangi ini berupa mini bus. Menurutnya, pembukaan jalur ini akan akan menjadi salah satu model transportasi yang terintegrasi dengan potensi di wilayah Bondowoso terutama sektor pariwisata.
 
Dinas Perhubungan juga saat ini tengah menyosialisasikan kepada masyarakat dan pelaku transportasi di wilayah sekitar Ijen. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penolakan dari masyarakat.
 
“Kita mencegah adanya kontra dengan rencana Pemkab ini, maka supir dan pelaku transportasi yang sudah memiliki jalur sendiri ke arah ijen kita beri sosialisasi, agar memahami bahwa program ini untuk kemajuan bersama,” pungkasnya.

Editor: Anto Sidharta


  • Transportasi Baru
  • Dongkrak Ekonomi
  • Gunung Ijen

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!