NUSANTARA

Arus Mudik, Jalur Jawa Barat Macet Total

"KBR, Jakarta - Kepolisian Daerah Karawang menyatakan arus mudik di Simpang Jomin masih dalam kondisi mudik normal, yakni padat merayap."

Arus Mudik, Jalur Jawa Barat Macet Total
arus mudik, jawa barat, lebaran

KBR, Jakarta - Kepolisian Daerah Karawang menyatakan arus mudik di Simpang Jomin masih dalam kondisi mudik normal, yakni padat merayap. Kapolres Karawang, Dadi Hartadi mengatakan, untuk mengantisipasi kepadatan pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas dengan membuka-tutup jalur Cikopo.

"Jomin mendapatkan arus dari Cikopo. Nanti Cikopo yang buka tutup. Manakala Jomin penuh pasti akan diarahkan ke Cikampek. Kalau sudah penuh sekali nanti akan diarahkan ke Sadang. Tapi sampai dengan saat ini tidak ada yang diarahkan ke Sadang. Jadi ya normal-normal aja," kata Dadi saat dihubungi KBR, Sabtu (26/7).

Kapolres Karawang, Dadi Hartadi menambahkan kondisi jalan lepas Jomin ke arah Subang cukup lancar sehingga kendaraan yang melintas bisa melaju hingga 40 kilometer/jam.

Simpang Jomin kerap menjadi biang kepadatan kendaraan. Ini lantaran Jomin hanya bisa menampung satu mobil di tiap jalurnya. Padahal Simpang Jomin menerima limpahan kendaraan dari tiga jalur, Cikopo, Dauan, dan jalur motor dari Jakarta.

Sementara itu, Jalur mudik di Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat macet total akibat pasar tumpah di Tasik Malaya dan Garut. Meski begitu, Komandan Posko Dinas Perhubungan di Nagrek, Eric Alam Prabowo tak menampik jika kemacetan yang terjadi sejak malam tadi melampaui puncak arus mudik tahun sebelumnya. Padahal, jalur satu arah dan jalur lingkar Nagrek dianggap sudah mumpuni dilintasi kendaraan pemudik.

"Ini kan sebenarnya ini kita kena imbas ya. Nah kalau untuk Nagreg sendiri sudah enggak ada masalah, apalagi untuk Lingkar Nagreg. Ini kan karena imbas pasar tumpah Limbangan, Tasikmalaya dan Leles, Garut. Karena ada pasar tumpah, kendaraan tersendat yaitu jadinya mengekor - mengekor sampai ke Nagreg. Dan kalau barusan sih sudah luar biasa, saya tadi mantau langsung memang sudang nyambung dari Nagreg tidak terputus banget tuh dari Cileunyi," ujarnya kepada KBR (26/7).

Komandan Posko Dinas Perhubungan Nagreg, Kabupaten Bandung, Eric Alam Prabowo mengatakan, dampak keberadaan pasar tumpah mengakibatkan kemacetan hingga sepuluhan kilometer. (Baca: Jalur Mudik Bandung ke Garut dan Tasik Macet Total)

Berdasarkan pantauan KBR di lapangan, seluruh kendaraan yang keluar dari pintu Tol Cileunyi dialihkan ke daerah Sumedang menuju jalur Tengah untuk mengurangi jumlah kendaraan di kawasan Nagreg. (Arie Nugraha)

Editor: Nanda Hidayat

  • arus mudik
  • jawa barat
  • lebaran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!