Antrean Kendaraan Pemudik ke Pelabuhan Gilimanuk Mengular

Antrean kendaraan pemudik di Pelabuhan Gilimanuk, Bali pada H-4 Lebaran ini memajang hingga dua kilometer. Antrean didominasi mobil pribadi yang hendak menyeberang ke Pulau Jawa.

NUSANTARA

Kamis, 24 Jul 2014 14:25 WIB

Author

Hermawan

Antrean Kendaraan Pemudik ke Pelabuhan Gilimanuk Mengular

Antrean Kendaraan, Pelabuhan Gilimanuk

KBR, Banyuwangi – Antrean kendaraan pemudik di Pelabuhan Gilimanuk, Bali pada H-4 Lebaran ini memajang hingga dua kilometer. Antrean didominasi mobil pribadi yang hendak menyeberang ke Pulau Jawa.

Menurut Manajer Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Gilimanuk, Wahyudi Susianto, antrean terjadi sejak Selasa malam (22/7). Untuk mengurai antrean kendaraan, pihaknya telah mempercepat bongkar muat kapal, dari yang sebelumnya 15 menit dipercepat menjadi 10 menit.

Menurut Wahyudi, meski terjadi antrean panjang, namun pada H-4 Lebaran ini belum memasuki puncak arus mudik. Diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-3 besok hingga H-2 lusa.

“Kondisi H-4 di Pelabuhan Gilimanuk terjadi kepadatan khususnya di kendaraan pribadi. Untuk sepeda motor dan bus relatif tidak terlalu padat. Namun kendaraan pribadi tahun ini antreannya tidak menjadi satu dengan kendaraan yang lain, karena dari pihak polres Jembrana telah mengalihkan jalur kendaraan-kendaraan pribadi,” kata Wahyudi Susianto kepada Portalkbr, Kamis (24/7).

Wahyudi menambahkan, agar tidak memperparah antrean kendaraan hari ini, pihaknya melarang kendaraan besar pengakut barang menyeberang. Kata dia, kendaraan besar yang boleh menyebrang hanya kendaraan pengakut sembako.

Berdasarkan data PT ASDP jumlah kendaraan roda dua yang menyeberang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk Bali hari ini mencapai 14 ribu unit lebih. Sedangkan kendaraan roda empat sebanyak 5.800 unit lebih. Sementara, penumpang pejalan kaki mencapai 61 ribu orang lebih. Sebanyak 32 kapal dari 44 armada yang disiapkan mengangkut pemudik tahun ini.

Sementara, berdasarkan pantauan Portalkbr di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, kendaraan yang hendak menyeberang ke Pulau Bali masih terlihat lengang. Di sejumlah loket masuk yang telah disediakan tidak ada antrean kendaraan.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Masyarakat Sipil Tolak Rencana Amandemen UUD 1945