NUSANTARA

Angkut Pemudik, 200-an Lokomotif Disiapkan di Yogya

Angkut Pemudik, 200-an Lokomotif Disiapkan di Yogya

KBR, Yogyakarta – Bengkel kereta api Balai Yasa  Yogyakarta menyiapkan 225 lokomotif untuk menarik gerbong kereta api selama angkutan Lebaran 2014.

Menurut kepala Balai Yasa Yogyakarta Muh. Syaiful Alam, ratusan lokomotif ini akan digunakan untuk mengangkut gerbong selama angkutan Lebaran di Pulau Jawa mulai 18 Juli hingga 5 Agustus mendatang.

“Saat ini persiapan kami sudah 90 persen tinggal 6 loko yang masih dalam perbaikan. Sebagian besar loko sudah kami kirimkan karena angkutan Lebaran akan dimulai 2 hari lagi,” ujar Syaiful Alam kepada Portalkbr di Balai Yasa, Selasa (16/7).

Dari 225 lokomotif yang disiapkan, kata Syaiful, 100 buah adalah lokomotif yang baru didatangkan dari Jepang pada tahun 2013 dan tahun ini. Sementara, sisanya adalah lokomotif lama yang telah diperbarui.

“100 lokomotif baru sudah kami kirimkan ke Jakarta dan Surabaya, sedangkan yang paling tua adalah loko tahun 1980, namun mesinnya baru karena setiap angkutan Lebaran harus prima,” tambah Syaiful Alam.

Untuk kelancaran angkutan lebaran mendatang di setiap depo atau tempat perawatan kereta api akan dijaga 3 orang teknisi yang bekerja selama 24 jam. Depo-depo itu adalah depo Surabaya, Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, dan Jatinegara

Editor: Anto Sidharta

  • Angkut Pemudik
  • 200-an Lokomotif
  • Yogya

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!