NUSANTARA

Wilayah Adat di Taman Nasional Bukit Duabelas Dipetakan

"KBR68H, Jambi - Masyarakat adat Orang Rimba akan memetakan"

M Usman

Wilayah Adat di Taman Nasional Bukit Duabelas Dipetakan
masyarakat adat, orang rimba, wilayah adat, taman nasional, bukit duabelas

KBR68H, Jambi - Masyarakat adat Orang Rimba akan memetakan wilayah adat di Taman Nasional Bukit Duabelas. Pemetaan ini dilakukan terkait rencana Orang Rimba mengklaim wilayah Bukit Dua Belas menjadi wilayah adat yang menjadi hak komunal mereka. Ketua pengurus Aliansi Masyarakat Adat Nusantara - AMAN Provinsi Jambi, Usman Gumanti, menyatakan pemetaan akan diawali dengan pelaksanaan pelatihan yang melibatkan sejumlah pihak masyarakat adat Orang Rimba.

"Kami bersama PD AMAN Orang Rimba Bukit Duabelas sedang mempersiapkan pemetaaan adat. Pemetaan partisipatif ini akan melibatkan sejumlah tumenggung dibantu pemuda Orang Rimba. Hasil pemetaan ini menjadi berita acara."kata Usman.

Ketua pengurus Aliansi Masyarakat Adat Nusantara - AMAN Provinsi Jambi, Usman Gumanti, menambahkan hasil pemetaan ini nantinya bakal dijadikan dasar untuk mengajukan klaim wilayah adat ke Balai Taman Nasional Bukit Duabelas. Saudara, Orang Rimba berencana mengajukan klaim atas kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas menjadi hutan hak mereka. Klaim ini bakal diajukan setelah sebelumnya Mahkamah Konstitusi memutuskan hutan adat bukan lagi hutan negara, melainkan hutan hak.

Editor: Doddy Rosadi

  • masyarakat adat
  • orang rimba
  • wilayah adat
  • taman nasional
  • bukit duabelas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!