NUSANTARA

Warga Tolak Eksplorasi Tambang Emas di Trenggalek

"KBR68H, Trenggalek - Warga Desa Sumberbening Kecamatan Dongko kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menolak rencana eksplorasi tambang emas yang dilakukan PT Sumber Mineral Nusantara."

Warga Tolak Eksplorasi Tambang Emas di Trenggalek
tambang emas, warga trenggalek, menolak, eksplorasi

KBR68H, Trenggalek - Warga Desa Sumberbening Kecamatan Dongko kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menolak rencana eksplorasi tambang emas yang dilakukan PT Sumber Mineral Nusantara. Juru Bicara Warga, Yusuf Alhamdani mengatakan, pihaknya meminta seluruh peralatan pengeboran untuk segera dipindahkan dari lokasi desa tersebut. Menurutnya,eksplorasi hanya akan berdampak buruk terhadap warga termasuk berkurannya sumber air serta kerusakan lingkungan, mengingat lokasi eksplorasi adalah kawasan hutan.

"Warga menghendaki jangan sampai ada aktifitas pertambangan di Desa Sumberbening Kecamatan Dongko, karena aktifitas pertambangan dinilai akan merusak lingkungan termasuk merusak sumber air dan juga memperngaruhi kenyamanan hidup warga," kata Yusuf Alhamdani.

Sementara itu , juru bicara PT SMN, Max mengaku belum bisa memenuhi tuntutan warga untuk menghentikan rencana eksplorasi. Menurutnya eksplorasi tersebut adalah kewajiban yang harus dijalankan selaku pemegang izin. Pihaknya berjanji akan menjaga kelestarian lingkungan dan bertanggung jawab apabila terjadi permasalahan.

"Kami kan sudah membuat dokumen lingkungan, mau bagaimana lagi, kegiatannya kan harus mengebor. Bagaimana kita bisa mengetahui tanpa mengebor," kata Max.

Max menambahkan, PT SMN akan melakukan mediasi lanjutan warga Desa Sumberbening. Disisi lain, dialog antara perwakilan warga dengan PT Sumber Mineral Nusantara serta Perhutani yang dimediasi Bupati Trenggalek gagal mencapai kesepakatan. Sebelumnya ratusan warga Desa Sumberbening Kecamatan Dongko Trenggalek memblokade jalan menuju lokasi eksplorasi tambang emas, selain itu warga juga menyegel alat berat yang di datangkan ke lokasi pengeboran.

Editor: Doddy Rosadi

  • tambang emas
  • warga trenggalek
  • menolak
  • eksplorasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!