NUSANTARA

Warga Puncak Lebih Butuh Pembangunan Jalan daripada BLSM

"Masyarakat Kabupaten Puncak, Papua, lebih membutuhkan pembangunan jalan dan membuka keterisolasian, ketimbang Bantuan Langsung Sementara Masyarakat atau BLSM yang saat ini dibagikan pemerintah sebagai kompensasi kenaikan bahan bakar minyak."

Radio Swara Nusa Bahagia

Warga Puncak Lebih Butuh Pembangunan Jalan daripada BLSM
Warga Puncak, Pembangunan Jalan, BLSM

KBR68H, Jayapura – Masyarakat Kabupaten Puncak, Papua, lebih membutuhkan pembangunan jalan dan membuka keterisolasian, ketimbang Bantuan Langsung Sementara Masyarakat atau BLSM yang saat ini dibagikan pemerintah sebagai kompensasi kenaikan bahan bakar minyak.

Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik menuturkan, masyarakat di daerahnya sudah terbiasa hidup mahal, karena semua kebutuhan pokok harus diangkut melalui transportasi udara.

Sehingga BLSM yang hanya Rp 300 ribu per triwulan untuk satu kepala keluarga tentunya tidak cukup. Jika dibandingkan harga kebutuhan bahan pokok seperti beras yang perkilonya bisa mencapai Rp 30 ribu atau harga bahan bakar bensin dan solar yang Rp 50 ribu perliternya.

“Sekarang masyarakat di atas itu yang mereka rasa kalau ada pembangunan jalan, ada pembangunan sana sini ada kelancaran itu. Itu yang mereka rasa ada perubahan yang terjadi. Tapi kalau merubah kehidupan makan minum, mereka tidak rasa, itu dianggap biasa biasa saja,” jelas Willem.

Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik mengaku, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Puncak. Pasalnya kondisi geografis yang sulit karena terdiri dari pegunungan, sehingga untuk menjangkau satu distrik ke distrik lainnya harus ditempuh dengan berjalan kaki selama beberapa hari.  

Dia menambahkan, hingga saat ini pihaknya belum mendapat petunjuk terkait pembagian BLSM. “Tentunya kami sangat sambut baik program pemerintah tersebut. Yang paling penting adalah soal data penerima bantuan, sebab kalau tidak didata secara baik dikhawatirkan akan menimbulkan masalah di kemudian hari,”tambahnya. (Andi Iriani)

Editor: Anto Sidharta

  • Warga Puncak
  • Pembangunan Jalan
  • BLSM

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!