NUSANTARA

Warga AS Luncurkan Software Belajar Bahasa Bali

"Berawal dari keinginan belajar budaya Bali, seorang warga Amerika Serikat, Alissa Stren akhirnya membuat software atau perangkat lunak belajar bahasa Bali."

Warga AS Luncurkan Software Belajar Bahasa Bali
bahasa bali, amerika serikat

KBR68H, Denpasar - Berawal dari keinginan belajar budaya Bali, seorang warga Amerika Serikat, Alissa Stren akhirnya membuat software atau perangkat lunak belajar bahasa Bali.

Pembuatan software yang berupa modul interaktif belajar itu merupakan usaha memperkenalkan bahasa tersebut ke seluruh dunia dan menarik minat generasi muda untuk terus melestarikan bahasa daerah. Alissa mengungkapkan, bahasa Bali memiliki keunikan tersendiri. Pemilihan kata dalam percakapan menunjukkan kedekatan dan etika penggunanya.

“Bahasa Bali itu penting untuk seluruh dunia dan itu dinilai seluruh dunia dan dinilai semacam heritage. Bahasa Bali semacam permata asli dan itu dinilai orang di seluruh dunia karena ada banyak keahlian dan ilmu” papar Alissa Stren

Alissa menambahkan, bahasa Bali memiliki nilai filosofi, sejarah, kebudayan dan kearifan lokal.

Pada kenyataanya penutur bahasa Bali cenderung terus berkurang, terbukti saat ini hanya terdapat sekitar 1 juta penutur aktif dari sekitar 3,5 juta penduduk Bali. Menurut Alissa, dengan keunikan yang dimiliki oleh bahasa Bali sudah selayaknya bahasa itu dimasukkan sebagai bagian dari warisan budaya dunia.

Editor: Antonius Eko



  • bahasa bali
  • amerika serikat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!