Tolak RUU Ormas, Mahasiswa Bandung Gelar Aksi Tutup Mulut

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Front Perjuangan Rakyat (FPR) Bandung menggelar aksi menolak pengesahan RUU Ormas. Para mahasiswa berdemonstrasi dengan menutup mulut menggunakan perekat hitam.

NUSANTARA

Selasa, 02 Jul 2013 12:29 WIB

Author

Ari Nugraha

Tolak RUU Ormas, Mahasiswa Bandung Gelar Aksi Tutup Mulut

ruu ormas, mahasiswa bandung, unjuk rasa

KBR68H, Bandung - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Front Perjuangan Rakyat (FPR) Bandung menggelar aksi menolak pengesahan RUU Ormas. Para mahasiswa berdemonstrasi dengan menutup mulut menggunakan perekat hitam.

Koordinator Umum FPR Bandung Vichi Fadhli Rachman menilai, RUU itu berpotensi mengancam kebebasan berpendapat dan merampas kedaulatan rakyat. Vichi mengatakan jika RUU ormas disahkan, maka aparat militer dan polisi akan semakin leluasa memasuki lokasi pendidikan seperti kampus dengan dalih kemanan nasional.

"Nantinya akan berdampak kepada lemahnya suara kritis rakyat dan kembalinya ke masa lalu. Kekuasaan hari ini, rezim hari ini, akan tidak lebih kembali seperti rezim orde baru. Dimana gaya-gaya otoriter akan semakin tampak. Rakyat diberangus dan semakin dipersempit ruang demokrasinya," ujarnya saat berorasi di depan kantor Gubernur Jawa Barat, jalan Dipenogoro, Bandung (2/7).

Koordinator Umum FPR Bandung, Vichi Fadhli Rachman menambahkan, kalangan mahasiswa juga menolak pengesahan RUU Ormas karena ditengarai akan memicu pengesahan sejumlah rancangan undang-undang lainnya seperti RUU Intelejen serta RUU Keamanan Nasional. DPR hari ini berencana mengesakan RUU Ormas, setelah RUU itu melalui pembahasan cukup panjang selama tujuh kali masa sidang.

Editor: Antonius Eko

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Korea Utara Melarang Kedatangan Turis Mancanegara Demi Melindungi Penduduknya Dari Virus Corona