Status Kepemilikan 10 Pulau Kecil di Balikpapan Tidak Jelas

KBR68H, Balikpapan

NUSANTARA

Minggu, 28 Jul 2013 13:20 WIB

Author

Teddy Rumengan

Status Kepemilikan 10 Pulau Kecil di Balikpapan Tidak Jelas

Balikpapan, Kalimantan Timur, pulau kecil, peraturan daerah

KBR68H, Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur menggodok rancangan Peraturan Daerah (Raperda) mengenai Pulau-Pulau Kecil.

Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Balikpapan Chaedar Chairulsyah mengatakan Raperda ini sangat penting  untuk memperjelas status kepemilikan pulau-pulau kecil di daerah itu.

Selama ini ada banyak pulau kecil di wilayah Kota Balikpapan yang tidak jelas status kepemilikannya.

Jumlahnya sekitar 10 pulau, termasuk Pulau Tukung dan Pulau Babi. Dia menargetkan, Raperda tersebut akan selesai pada akhir tahun ini.

“Sepuluh pulau, ya termasuk Pulau Tukung, Pulau Babi. Karena itu ya diaturlah nanti. Misalnya daerah itu tidak diperkenankan adanya kegiatan aktifitas masyarakat, apakah itu kegiatan ekonomi atau apa, misalnya seperti itu. Artinya nanti akan diatur,” kata Chaedar Chairulsyah kepada KBR68H.

Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Balikpapan Chaedar Chairulsyah menambahkan, saat ini ada beberapa pulau-pulau kecil yang telah diklaim kepemilikannya oleh masyarakat.

Seperti Pulau Balang dan Pulau Kwangan yang diklaim seseorang bernama Salim Bahar. Beberapa tahun lalu Salim sempat menawarkan kedua pulau itu dan menjualnya seharga Rp 50 miliar.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17