NUSANTARA

Seribu Buruh Terancam Tak Dapat THR

"KBR68H, Jakarta - Lebih dari seribu buruh terancam tidak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) Hari Raya Lebaran tahun ini. Sekertaris Federasi Buruh Lintas Pabrik, Dian Septi Trisnanti mengatakan, ribuan buruh itu bekerja di PT Usi Apparel dan PT Asian"

Pipit Permatasari

Seribu Buruh Terancam Tak Dapat THR
THR, Tunjangan Hari Raya, Lebaran, buruh

KBR68H, Jakarta - Lebih dari seribu buruh terancam tidak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) Hari Raya Lebaran tahun ini.

Sekertaris Federasi Buruh Lintas Pabrik, Dian Septi Trisnanti mengatakan, ribuan buruh itu bekerja di PT Usi Apparel dan PT Asian Collection. Dua perusahaan itu berada di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Cilincing, Jakarta Utara.

Dua perusahaan itu mengklaim tidak mampu memberikan THR pada tahun ini.

“Pertama di PT Usi Appareal adalah buruh garmen. Jumlah buruhnya 750 buruh dan perusahaan menyatakan hanya mau memberikan lima puluh persen THR. PT Asian Collection jumlah buruhnya 400 buruh dan semuanya tidak mendapatkan THR. Jadi pengusaha hanya menyatakan nanti saja THR-nya, nanti aja THRnya. Tapi itu menimbulkan banyak pertanyaan di temen-temen buruh karena gaji aja masih sering terlambat dibayarkan,“ ujar Dian Septi Trisnanti di Kantor LBH Jakarta.

Sekertaris Federasi Buruh Lintas Pabrik, Dian Septi Trisnanti menambahkan, hari ini serikat buruh akan mengadukan perlakuan perusahaan itu ke Posko Pengaduan THR yang dibuat LBH Jakarta.

Sejak Sabtu kemarin, buruh di dua perusahaan itu melakukan aksi mogok kerja untuk menuntut hak THR tahun ini. Aksi mogok kerja akan dilakukan sampai perusahaan bisa memberikan kejelasan mengenai pembagian THR.

Editor: Agus Luqman

  • THR
  • Tunjangan Hari Raya
  • Lebaran
  • buruh

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!