Sawah Siap Panen di Cilacap Terendam Banjir

Sebanyak 600 hektar lebih sawah siap panen di Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir akibat hujan lebat. Sawah tersebut berada di tiga wilayah yaitu Cipari, Sidareja, dan Gandrungmangu.

NUSANTARA

Rabu, 10 Jul 2013 19:26 WIB

Author

Budi Prabowo

Sawah Siap Panen di Cilacap Terendam Banjir

Sawah, Panen, Cilacap, Banjir

KBR68H, Cilacap - Sebanyak 600 hektar lebih sawah siap panen di Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir akibat hujan lebat. Sawah tersebut berada di tiga wilayah yaitu Cipari, Sidareja, dan Gandrungmangu.

Kepala UPT Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Sidareja, Karto mengatakan, sawah yang menanam padi itu akan panen 20 hari lagi. Namun semua padi membusuk.

“Untuk wilayah Kecamatan Sidareja ada 35 Hektare, Kecamatan Gandrungmangu ada 275 hektare, sedangkan Kecamatan Cipari ada 315 hektare jadi totalnya ada 625 hektare sawah yang terendam banjir. (Kondisi tanaman sudah siap panen ya pak ? usia tanaman sudah 85 hari atau 20 hari lagi panen. (Dampak untuk tanaman padi apa pak ?) ya kalau tidak hujan lagi petani bisa panen, namun apabila hujan turun dan tanaman tergenang lebih dari 1 minggu akan membusuk dan gagal panen,” jelas Karto.

Kepala UPT Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Sidareja, Karto menambahkan, air yang merendam sawah itu juga menyasar ke rumah penduduk. Ada sekira tiga ribu rumah lebih yang tergenang air. Ini membuat 70 kepala keluarga mengungsi.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Pemprov Jatim Minta Masyarakat Waspadai Dugaan Penipuan Seleksi CPNS

Kabar Baru Jam 14

Khawatir Jadi Target Demonstrasi Pro-Demokrasi, Mahasiswa China Melarikan Diri Keluar Hong Kong

Kabar Baru Jam 13