NUSANTARA

RSUD Jombang Kebanjiran Pasien ISPA dan Diare

"Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang, Jawa Timur banyak menampung pasien penyakit gangguan saluran pernapasan atau ISPA. Penyakit ini disebabkan oleh anomali cuaca."

Muji Lestari

RSUD Jombang Kebanjiran Pasien ISPA dan Diare
rsud jombang, cuaca, diare, ispa

KBR68H, Jombang – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang, Jawa Timur banyak menampung pasien penyakit gangguan saluran pernapasan atau ISPA. Penyakit ini disebabkan oleh anomali cuaca.

Setiap hari, sejumlah ruang poly rawat jalan menerima hampir 700-an pasien yang mengalami gangguan diare, Ispa, demam, radang paru-paru dan dehidrasi. Dokter ruang anak, Retno Wulandari, mengatakan penyakit itu banyak menyerang anak-anak dan balita. bahkan, saat ini puluhan balita dan anak terpaksa harus menjalani rawat inap akibat penyakit Ispa dan Diare.

"Baik dirawat jalan maupun dirawat jalan inap yang dominan paling tinggi adalah dua penyakit itu, Ispa sama diare. Dengan sistim sanitasi, iklim tropis yang cukup menunjang tumbuhnya kuman batuk pilek itu yang menyebabkan paling utama untuk penularanya. Rata-rata balita, baik diare maupun radang paru-paru, tadi anda lihat sendiri pada saat saya visite itu paru-parunya sudah demblok-demblok semua," kata Retno.

Retno Wulandari, menambahkan penyakit tersebut akan meningkat saat memasuki musim kemarau dan masa libur sekolah pada awal Agustus ini. Ia menghimbau kepada masyarakat selalu menjaga perilaku hidup sehat agar terhindar dari sejumlah penyakit yang disebabkan oleh perubahan cuaca tersebut.

Editor: Antonius Eko

  • rsud jombang
  • cuaca
  • diare
  • ispa

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!