Ribuan Pengungsi Merapi Pulang ke Rumah

KBR68H, Yogyakarta - Masyarakat lereng Merapi mulai meninggalkan pos pengungsian yang di desa Gelagaharjo dan Umbulharjo.

NUSANTARA

Senin, 22 Jul 2013 22:32 WIB

Author

Febriana Shinta

Ribuan Pengungsi Merapi Pulang ke Rumah

gunung merapi, status normal, mengungsi, portalkbr.com


KBR68H, Yogyakarta - Masyarakat lereng Merapi mulai meninggalkan pos pengungsian yang di desa Gelagaharjo dan Umbulharjo. Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah Kabupaten Sleman Juli Setiono mengatakan mereka meninggalkan kedua desa siang tadi. Kepulangan mereka menyusul informasi Gunung Merapi masih dalam status normal. Namun BPBD tetap mengharuskan masyarakat untuk segera mengungsi kembali jika terjadi hujan abu dan pasir.(Baca: BNPB Waspadai Siklus Empat Tahunan Merapi)

"Setelah saya mendapatkan informasi dari BPPTK lewat telpon bahwa tidak perlu dikhawatirkan lagi , sehingga saya mengumumkan kepada masyarakat yang ada di balai desa ada sekitar 500 orang untuk segera pulang ke rumah masing – masing," kata Juli.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah Kabupaten Sleman Juli Setiono menambahkan, BPBD dan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BBPTKG) akan terus memberikan informasi yang lengkap tentang keadaan status gunung Merapi yang meletus 2010 lalu itu. Informasi untuk menyadarkan masyarakat agar selalu waspada.


Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Belgia Kewalahan Hadapi Gelombang Pandemi

Penerimaan Masyarakat terhadap Vaksin Covid-19 Masih Rendah

Ronde 6 - Petani Tembakau

Kabar Baru Jam 8