NUSANTARA

Peternak Sapi di Jombang Terancam Bangkrut

"KBR68H, Jombang "

Muji Lestari

Peternak Sapi di Jombang Terancam Bangkrut
peternak sapi, jombang, terancam bangkrut

KBR68H, Jombang – Sejumlah peternak sapi lokal di Jombang, Jawa Timur, terancam gulung tikar akibat kebijakan impor sapi pemerintah. Pasalnya, harga daging sapi impor yang lebih murah dari sapi lokal dapat membunuh bisnis mereka.

Salah satu peternak, Mohamad Anshori Efendi, mengatakan peternak lokal pada akhirnya menjual daging sapi lokal yang setara dengan harga daging impor. Ini akan membuat mereka rugi.

"Dengan adanya import yang masuk sudah barang tentu mengejutkan bagi peternak, akhirnya harga jadi amburadul, harga jadi murah. Ya nggak papa harga segitu. Cuma harus diimbangi dengan harga pakan. Kalau Rp 75 ribu belum balik modal, nangis peternak, jelas gulung tikar," ujarnya.

Salah satu peternak sapi, Mohamad Anshori Efendi, menjelaskan kebijakan pemerintah untuk menstabilkan harga daging sapi di pasaran itu tak diimbangi dengan harga pakan yang saat ini cukup tinggi.

Para peternak berharap Pemerintah meninjau kembali kebijakan impor daging sapi. Jika impor terus dilakukan, mereka meminta pemerintah mensubsidi harga pakan untuk menekan biaya perawatan sapi lokal yang saat ini terus membengkak.

Editor: Doddy Rosadi

  • peternak sapi
  • jombang
  • terancam bangkrut

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!