NUSANTARA

Pemkab Bantul Canangkan Program Zero Waste

"KBR68H, Yogyakarta - Pemerintah Kabupaten Bantul dan Fakultas Teknik UGM tengah mencanangkan konsep Zero Waste dan pameran master plan di Pantai Baru Pandansimo."

Radio Unisi

Pemkab Bantul Canangkan Program Zero Waste
zero waste, pemkab bantul, fakultas teknik UGM, sampah

KBR68H, Yogyakarta - Pemerintah Kabupaten Bantul dan Fakultas Teknik UGM tengah mencanangkan konsep Zero Waste dan pameran master plan di Pantai Baru Pandansimo. Konsep ini menawarkan tujuan yang etis, ekonomis, efisien dan visioner, untuk mendorong masyarakat dalam mengubah gaya hidup.

Konsep Zero Waste mengajak masyarakat untuk hidup meniru siklus alam yang berkelanjutan, dimana semua bahan terbuang, dapat digunakan sebagai sumberdaya bagi kegiatan lain. Pencanangan konsep Zero Waste ini dilakukan langsung oleh Dekan Fakultas Teknik UGM, Panut Mulyono, serta Bupati Bantul, Hj. Sri Surya Widati, Senin (8/7) di Pendopo Desa Poncosari, Srandakan, Bantul.

Ketua Tim Peneliti Zero Waste. Arif Kusumawanto menjelaskan bahwa dipilihnya kawasan Pantai Baru Pandansimo dikarenakan lokasinya yang mudah dijangkau. Selain itu ada kekhasan yang ditawarkan pantai ini, yaitu landscape pohon cemara udang yang secara teknik digunakan sebagai buffer kawasan ketika terjadi ombak besar sehingga mampu melindungi desa di tepi pantai.

“Namun, seiring peningkatan kondisi ekonomi seperti wisata kuliner, permasalahan lingkungan muncul sebagai dampak meningkatnya aktivitas manusia. Pertumbuhan volume sampah dari pengunjung pantai dan limbah restoran juga semakin meningkat sehingga perlu digulirkan konsep zero waste,”kata Arif.

Sementara itu Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati mengungkapkan bahwa Pantai Baru Pandansimo merupakan pindahan dari Pantai Pandansimo lama yang terkena abrasi. Kawasan ini telah menjadi salah satu kawasan yang ramai dikunjungi dan merupakan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bantul. Sri Widati berharap kawasan wisata ini berkembang menjadi kawasan wisata yang bersih dan sampah terkelola dengan baik.

Sumber: Radio Unisi

Editor: Doddy Rosadi

  • zero waste
  • pemkab bantul
  • fakultas teknik UGM
  • sampah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!