Pembunuh Gajah Sumatera di Aceh Diduga Warga Sekitar

KBR68H, Jakarta - Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Aceh menduga pembunuh Geng, seekor gajah Sumatera di Aceh beberapa waktu lalu adalah warga sekitar.

NUSANTARA

Selasa, 16 Jul 2013 15:16 WIB

Author

Danu Mahardika

Pembunuh Gajah Sumatera di Aceh Diduga Warga Sekitar

gajah sumatera, aceh, dibunuh, warga sekitar

KBR68H, Jakarta - Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Aceh menduga pembunuh Geng, seekor gajah Sumatera di Aceh beberapa waktu lalu adalah warga sekitar. Kepala BKSDA, Amon Zamora mengatakan bersama kepolisian setempat mengumpulkan keterangan dari warga sekitar hutan Ranto Sabon, Kabupaten Aceh Jaya yang menjadi lokasi pembunuhan mamalia besar tersebut. Dari keterangan yang dikumpulkan pelaku sudah lama mengincar gading gajah.

"Karena sudah sering (keluar) gajah ini, mungkin masyarakat kesal ya. Dibuatlah itu perangkap hingga matilah malam itu. Pagi kita tahu hilang itu gajahnya. Itu yang sedang diselidiki. Itu kita koordinasikan dengan Polres dan polda. (Jadi dugaan sementara warga yang membunuh gajah dengan perangkapnya?) Iya, kalau dugaan sementara begitu. Jadi kita masih belum bisa mengatakan itu tersangka tapi masih praduga," jelasnya kepada KBR68H, Selasa (16/7)

Kepala BKSDA Aceh, Amon Zamora menambahkan pelaku nantinya bisa dikenakan pasal berlapis dengan ancaman hukuman total 10 tahun penjara karena telah membunuh satwa langka yaitu gajah Sumatera dan juga mengambil gadingnya. Akhir pekan lalu, seekor gajah Sumatera bernama Geng ditemukan mati mengenaskan di Desa Ranto Sabon, Aceh Jaya. Saat ditemukan, bangkai gajah berusia 30 tahun sudah tak bergading.

Editor: Doddy Rosadi


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11