Korea dan Cina Pesan Singkong dari Kaltim

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tengah menggalakkan kelompok tani melakukan gerakan menanam singkong gajah di seluruh wilayah kota dan kabupaten.

NUSANTARA

Senin, 08 Jul 2013 07:34 WIB

Author

Johan Rumengan

Korea dan Cina Pesan Singkong dari Kaltim

singkong, kaltim, korea, cina

KBR68H, Balikpapan – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tengah menggalakkan kelompok tani melakukan gerakan menanam singkong gajah di seluruh wilayah kota dan kabupaten.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kalimantan Timur, Ibrahim mengatakan, tahun ini pihaknya menargetkan 100 hektar lahan ditanam singkong gajah agar bisa memenuhi permintaan Korea maupun Cina.

“Alhamdulilah kemarin, Korea sendiri pesan kepada kita (Kaltim) kalau bisa mampu 5 ribu ton ampas singkong setiap bulannya. Dihargai satu ton itu kurang lebih 1.200 US dolar. Kita belum mampu memenuhi itu (sekarang), mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan coba,” kata Ibrahim

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kalimantan Timur, Ibrahim menambahkan, singkong kini menjadi komoditas ekspor yang paling dicari di pasar internasional, karena diolah menjadi komestik, tepung maupun pakan ternak.

Ibrahim berharap, dua hingga tahun ke depan Kalimantan Timur sudah bisa mengekspor singkong ke Korea dan Cina. Hingga kini sudah ada beberapa daerah yang melakukan gerakan menanam singkong di antaranya Kutai Kertanegara, Penajam Paser Utara dan Kutai Timur.

Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Pesan untuk Kapolri Baru terkait Catatan Pelanggaran HAM

Sudah Negatif Covid, Perlu Swab Ulang?

Kabar Baru Jam 8

Utang Negara Kian Meningkat