NUSANTARA

Kepolisian Kutai Timur Gelar Operasi Kendaraan Bermotor

Kepolisian Kutai Timur Gelar Operasi Kendaraan Bermotor

KBR68H, Kutai Timur - Kepolisian Resort Kutai Timur, Kalimantan Timur, sejak Kamis (4/7) kemarin mulai menggelar Operasi Patuh Jaya (OPJ) 2013. Operasi ini agar digelar selama 14 hari dengan memeriksa kelengkapan kendaraan, termasuk surat-suratnya.

“OPJ tidak saja pada titik tertentu. Namun dengan cara mobil juga dilakukan karena kerap ditemukan pengendara saat berkendara enggan melengkapi kendaraannya, termasuk membiarkan anak-anak belum cukup usia mengendara sepeda motor,” terang Kasat Lantas Sigit Harimbawan.

Menyinggung pelanggaran lalulintas selama beberapa bulan terakhir, Sigit mengakui cendrung meningkat. Dalam catatan Satlantas Polres Kutim, antara Januari sampai Mei lalu terjadi 2.661 pelanggaran lalulintas, dari jumlah itu 2.234 diantaranya dilakukan oleh pengendara sepeda motor.

Sementara 241 pelanggaran dilakukan pengemudi mobil dan 186 pelanggaran dilakukan pengemudi truk. Sigit mengakui,  mayoritas pelaku  kalangan pekerja, disusul pelajar dan mahasiswa.

“Karena tingkat pelanggaran terbanyak ada di pengendara sepeda motor, dalam operasi patuh jadi target utama pengendara sepeda motor,” jelasnya.

Disebutkan, OPJ  merupakan bagian dari rangkaian kegiatan operasi yang digelar jajaran Polri dalam menyambut datangnya Ramadhan. Setelah operasi ini, maka akan dilanjutkan dengan  Operasi Ketupat  (OK) sepekan sebelum lebaran dan setelah lebaran.

Sumber: radio Gema Wana Prima 

Editor: Antonius Eko

  • kutai timur
  • operasi kendaraan
  • kalimantan timur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!