NUSANTARA

Jakarta Bakal Kedatangan 50 Ribu Pendatang baru

Jakarta Bakal Kedatangan 50 Ribu Pendatang baru

KBR68H, Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta memperkirakan sebanyak 52 ribu pendatang baru akan membanjiri Jakarta setelah Lebaran. Oleh sebab itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Purba Hutapea meminta warga pendatang untuk segera melaporkan diri ke kelurahan setempat. Dia berharap ada sekitar 40 ribu pendatang baru yang mau melapor ke kelurahan.

“Kita sekarang intensif, pada waktu keluarganya pulang kita buat himbauan dan bagi-bagi bahan. Kita menunggu, mudah-mudahan bisa melapor seluruhnya. Yang melapor biasanya hanya 50%. Kita harapkan angka itu bisa meningkat hingga 75-80%. Dengan brosur dan pendekatan. Jelas brosur itu, kalau dia tidak memiliki kartu penduduk dia tidak bisa punya akses pada pelayanan publik,” ungkap Purba Hutapea di lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (31/7).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Purba Hutapea menambahkan, pihaknya telah mengerahkan 16 mobil dan 13 motor keliling untuk meningkatkan proses pelayanan catatan sipil.

Tahun lalu, sebanyak 47 ribu pendatang baru tiba di Jakarta setelah Lebaran. Survei Lembaga Demografi Universitas Indonesia dan Badan Pusat Statistik memperkirakan, angka itu akan meningkat hingga 10 persen lebih. Padahal, provinsi terpadat di Indonesia ini telah dihuni lebih dari 10 juta jiwa.

Editor: Antonius Eko 

  • mudik
  • dki
  • pendatang baru

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!