NUSANTARA

Getaran Gempa di Malang Terasa Sampai Banyuwangi

Getaran Gempa di Malang Terasa Sampai Banyuwangi

KBR68H, Banyuwangi - Gempa Bumi berkekuatan 5,9 skala richter di Kabupaten Malang juga dirasakan masyarakat Banyuwangi, Jawa Timur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Wiyono mengatakan, gempa tersebut lebih terasa di daerah Banyuwangi Selatan. Akibat getaran gempa tersebut, satu rumah warga di Kecamatan Pesanggaran rusak parah. Namun tidak ada korban jiwa.

“Jadi dampak gempa yang terjadi sekitar pukul 09.00 WIB tadi di Banyuwangi informasi di kawasan Selatan untuk getaranya cukup terasa. Sehingga ada sinyalemen di Kecamatan Pesanggaran itu terasa itu roboh. Robohnya teras karena getaran gempa yang agak kuat ini karena rapuhnya bangunan yang tidak ada besi beton,” kata Wiyono.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Wiyono menambahkan, pihaknya akan menerjunkan tim untuk memantau seluruh daerah Banyuwangi pasca gempa tersebut. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk melaporkan ke BPBD, apabila di daerahnya terjadi kerusakan atau korban jiwa.

Sebelumnya, gempa bumi mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini berkekuatan 5,9 skala richter. Pusat gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer dan terletak di 112 kilometer tenggara Kabupaten Malang.

Editor: Antonius Eko 

  • gempa malang
  • banyuwangi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!