NUSANTARA

BMKG: Hujan di Jabodetabek Hari Ini Awet Hingga Sore

BMKG: Hujan di Jabodetabek Hari Ini Awet Hingga Sore

KBR68H- Hujan mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak kemarin hingga hari ini. Diperkirakan hujan masih akan terus berlangsung hingga sore nanti. Hujan dengan intensitas rendah tidak hanya mengguyur Jakarta, namun juga di wilayah lainnya seperti Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang.
 
Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Taryono menyatakan hujan dengan intensitas ringan masih akan terjadi hingga esok hari.

"Sebenarnya ini kondisi penyimpangan yang dinamakan kemarau basah, hujan seperti ini akan terus mengguyur wilayah Jawa, terutama bagian barat,"papar Taryono ketika dihubungi portalkbr.com.

Salah satu penyebab kemarau basah karena terjadinya penyimpangan suhu permukaan laut di wilayah perairan Indonesia di atas batas normal sehingga mengakibatkan penumpukan massa uap air, akibatnya curah hujan meningkat.

"Pola kemarau basah ini, bebeberapa wilayah akan diguyur hujan, lalu kemudian selama 2-3 hari cuaca akan panas, dan berlanjut kemudian hujan kembali,"ujar Taryono.

Kondisi seperti ini diprediksi masih akan berlangsung hingga Agustus mendatang. Musim kemarau yang normal biasanya terjadi pada periode April-September, sedangkan musim hujan pada Oktober-Maret.

  • BMKG
  • hujan
  • kemarau basah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!