Bendera Aceh Tetap Tak Boleh Berkibar

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menegaskan bendera Aceh dilarang berkibar pada 15 Agustus mendatang. Alasannya, bendera itu masih mirip lambang Gerakan Aceh Merdeka. Sementara 15 Agustus adalah batas akhir pembahasan lambang daerah Aceh den

NUSANTARA

Kamis, 25 Jul 2013 18:35 WIB

Author

eli kamilah

Bendera Aceh Tetap Tak Boleh Berkibar

bendera, Aceh, GAM, Indonesia

KBR68H-Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menegaskan bendera Aceh dilarang berkibar pada 15 Agustus mendatang. Alasannya, bendera itu masih mirip lambang Gerakan Aceh Merdeka. Sementara  15 Agustus adalah batas akhir pembahasan lambang daerah Aceh dengan pemerintah.

Gamawan mengatakan, sampai saat ini belum ada kesepakatan tentang Qanun Aceh yang mengatur lambang daerah setempat. Gamawan mengungkapkan, rencananya akhir bulan ini pemerintah pusat dan Aceh akan bertemu membahas kembali soal Qanun.
 
"Itu sudah disepakati 31 besok akan dibahas lagi di Jakarta. Saya akan bicara dengan Gubernur Aceh. Apabila tidak diperoleh kesepakatan perubahan bendera, maka tanggal 15 Agustus tidak boleh dikibarkan.Saya akan buat surat, menko juga akan buat surat. Kan artinya Qanun itu belum sah kalau belum dilakukan perubahan, itu artinya tidak boleh dikibarkan," kata Gamawan di Kantor Presiden, Kamis (25/7).

Sebelumnya, Kemendagri sudah mengirimkan dua perwakilannya ke Aceh untuk membahas Qanun bendera di Aceh. Namun pembahasan masih mengalami jalan buntu. Sejak Qanun disahkan pemerintah Aceh Maret lalu, pemerintah pusat dengan tegas menolak karena bendera itu dianggap identik dengan bendera GAM.


Editor: Antonius Eko

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Tak Hentikan Serangan ke Kurdi Suriah, AS Ancam Turki

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18