NUSANTARA

APEC Diprediksi Datangkan Devisa Bali Hingga Rp 5 T

"Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) Oktober mendatang di Bali diprediksi akan memberikan kontribusi berupa devisa minimal Rp 5 triliun. Devisa itu salah satunya berasal dari kontribusi peserta yang mencapai 18 r"

Muliartha

APEC Diprediksi Datangkan Devisa Bali Hingga Rp 5 T
apec, bali

KBR68H, Denpasar - Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) Oktober mendatang di Bali diprediksi akan memberikan kontribusi berupa devisa minimal Rp 5 triliun. Devisa itu salah satunya berasal dari kontribusi peserta yang mencapai 18 ribu orang.

Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Bali Gede Suarjana meyakini dengan pemasukan sebesar itu, pertumbuhan ekonomi Bali bisa mencapai 7,1 persen, meningkat dari tahun lalu sebesar 6,6 persen.

“Dengan 18.000 orang, kalau dia mengkontribusikan rata-rata Rp 1 juta per orang dikali 8 hari, nah itulah perputaran uangnya yang akan masuk. Itu dari segi berbelanja, belum lagi dari segi menginap, belum lagi dari segi yang lainnya. Juga ada buyer yang ke sini itu dia memesan berapa, itu bisa masuk sekitar 5 sampai 20 triliun rupiah,” ungkap Gede Suarjana.

Gede Suarjana berharap pelaksanaan APEC juga memberikan kontribusi bagi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara. Selama Januari hingga Juni tahun ini jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali telah mencapai 1,4 juta wisatawan. KTT APEC akan berlangsung 1-8 Oktober mendatang di Nusa Dua.

Editor: Antonius Eko

  • apec
  • bali

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!