NUSANTARA

11 Tahun Dimekarkan, Warga Penajam Paser Utara Masih Tertinggal

"Hingga 11 tahun berdirinya Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai daerah baru di Kalimantan Timur, masyarakat hingga kini belum menikmati hasil dari pembangunan."

Teddy Rumengan

11 Tahun Dimekarkan, Warga Penajam Paser Utara Masih Tertinggal
pemekaran, penajam paser utara

KBR68H, Balikpapan – Hingga 11 tahun berdirinya Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai daerah baru di Kalimantan Timur, masyarakat hingga kini belum menikmati hasil dari pembangunan.

Tokoh masyarakat yang juga Ketua Tim Sukses Pemekaran Kabupaten Penajam Paser Utara Harimuddin Rasyid mengatakan, ada tiga kecamatan yang tidak tersentuh pembangunan.

“Itu salah satu contoh misi pembangunan berkeadilan, contoh konkrit semua pembangunan sekrang bertumpuh kepada pusat pemerintahan semua. Ini kan ada diskriminasi, artinya rakyat Babulu (kecamatan), rakyat waru, Rakyat Sepaku belum menikmati hasil pembangunan yang sesuai harapan, seperti infrastruktur,” kata Harimuddin Rasyid.

Tokoh masyarakat yang juga Ketua Tim Sukses Pemekaran Kabupaten Penajam Paser Utara Harimuddin Rasyid menambahkan, pendidikan masyarakatnya pun masih banyak yang tertinggal.

Selain itu, belum ada kantor-kantor pemerintahan. Kabupaten Penajam Paser Utara berdiri pada tahun 2002 lalu. Daerah tersebut, kaya akan batubara, migas dan perkebunan. APBD Penajam Paser Utara 2013 mencapai Rp 1,6 triliun, dengan jumlah penduduk sekitar 120 ribu jiwa.

Editor: Suryawijayanti 

  • pemekaran
  • penajam paser utara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!